RESUME DISWAP MENGARAHKAN KECENDERUNGAN SEKSUAL ANAK

by - 10:45:00 PM





RESUME DISWAP MENGARAHKAN KECENDERUNGAN SEKSUAL ANAK


Narasumber : Lina Prihatini
Waktu : Selasa, 7 November 2017 jam 9.00-11.00 WIB
Lokasi : WAG Member IIP Karawang
Moderator : Feni 


MATERI


https://drive.google.com/open?id=14AmHoLC7AuCGbi7xqfLMbaze9KZ3B2ne


TANYA JAWAB


1. Nama : Anggrek


Pertanyaan : Sejak usia berapa kah seharusnya anak mulai diajarkan nama kemaluan bulina? Karena selama ini saya menyebut alat kelamin dengan kemaluan saja. Terimakasih

Jawaban :

1. bunda Anggrek, mulai usia 1th sudah bisa, saat anak2 dlm latihan toiler training, sebut dengan jelas bhs ilmiahnya, penis untuk kelamin laki2, vagina untuk kelamin perempuan ✅

Tanggapan dari mba Ninis 
tapi juga harus diinformasikan bahasa "keren/slank" juga mungkin ya bu lina,,,
terutama utk anak2 usia menuju pubertas,,
krn pengalaman anak teman saya,,
ktika dya kelas 5 SD pulang kerumah dan bertanya "mah,k****l itu apa sih mah?td temen aq bilang itu"
setidaknya jika kita sudah dibekali dengan bahasa slank, anak jadi mengerti bahwa kata2 itu tidak bisa diucapkan sembarangan…

Jawaban bulina
Boleh ini kaitannya dg adab bicara. Sampaikan pula bhw bhs tsb tdk boleh diucapkan pd sembarang kondisi


2 .Nama : suci

Pertanyaan :
Islam mengajarkan kita untuk tidak bersentuhan dengan yang bkn mahramnya. Bagaimana cara mengajarkan hal itu terhadap anak, sementara seperti yg kita ketahui lingkungan masih sangat kurang mendukung. Mis : adab cium tangan sbgai tanda penghormatan kpd yg lebih tua

Jawaban :
semua pengajaran selalu dimulai dari diri sendiri dulu. Ibda' bi nafsin. Pengajaran dgn keteladanan lebih manjur drpd lisan. Ketika anak2 sdh masuk fase tamyiz (kurleb usia 6-7th) bisa disampaikan pd siapa2 saja dia boleh bersentuhan.



3. Nama : Muly

Pertanyaan ; sampai batas mana kita harus merasa "ini harus dihentikan " saat anak mulai mengenal alat kelamin nya bu?khusus nya anak laki2 yg berusia 4 tahun,,terima kasih

Jawaban :
 Percayai instink bunda. Krn hati seorg ibu sangatlah halus dan peka. Krn hati pun selalu membisikkan kebenaran. So... ketika hati bunda merasa dan berkata "ini sdh abnormal atau mulai abnormal", maka tegaskan pd anak untuk berhenti. Jika usianya masih balita, mk alihkan dgn kegiatan hands-on yg lain✅



. Nama :bunda fathan


Pertanyaan : poin fase usia 5-10 yg terakhir adalah menjelaskan proses lahiran...nah bagaimana bahasa yg tepat penyampaian pada anak LK dan PR.
Karna kk pernah bertanya bunda dd bayi lahirnya lewat mana?sy bilang lewat jalan lahir.
Karna kk saat itu lewat caesar sy ga terlalu menjelaskan lewat V..tapi ditunjukan kalau perut bawah dibedah(dibuka perutnya)
Nah kalo dijelaskan lewat V...itu pasti panjaaang ceritanya..karna keingintahuannya banyak..dan ingin lihat.. Bagaimana menyikapinya Bu Lina yg syantik

Syuqron

Jawaban
pastinya anak akan semakin curious, siap...siap ya bunFath. Haahaha. Akan kebanjiran pertanyaan dr si kecil Jangan panik!
Bila masih usia SD tdk perlu dijelaskan secara detail, cukup sampai pd pemahaman bhw kalian lahir melalui jalan lahir V. Penasaran?? Tulis rasa ingin tahu kalian ttg hal ini dlm buku RASA INGIN TAHU, nanti klo sudah baligh insyaAllah bunda jelaskan  Sambil dipeluk anaknya…

Tanggapan mba Ninis
Bahkan Jia (2,5th) pernah bertanya "ibu,knp tititnya Rafa beda sama punya Jia"
Akhirnya...Tugas membedakan laki2 dan perempuan lsg dimulai…

Tanggapan Bu Lina
Ini golden momen mbak... langsung disambut kayak gini. Jangan diabaikan atau ditunda. Kadang anak bertanya  juga tdk membutuhkan penjelasan rinci. tapi berikan haknya untuk mendapat jawaban sederhana tapi benar. Atauuuu jika ingin dimodif dlm rangka menstimulus critical thinking anak, mk bisa kita tanyakan balik, "kira2 menurut kakak, bagian2 apa yg beda?" Nanti anak akan belajar mengamati.
Ini ada alat peraganya, boneka2an dgn beda jenis kelamin. Melibatkan anak2 untuk melihat org dewasa membersihkan kelamin baby. Entah adik atau sepupu2nya... ada bnyk cara


.Nama : Risya 

Pertanyaan :
Umur berapa anak sudah kita lepas untuk mandi sendiri (untuk anak perempuan tidak mandi bareng ibu nya).

Jawaban :

umur 4th sudah bisa mandi sendiri. Tapi sesekali cek kebersihan pasca mandi. Klo belum terampil, mk dilatih lagi bagian2 mana yg perlu dibersihkan

6. Nama : Tika Ummu rerun

Pertanyaan :
bismillah , bun anak pertama saya baru usia 2,5 tahun , yang akan saya tanya kan mengenai pembahasan ini ,  bagaimna cara nya agar penyampaian saya kepada anak saya di usia 2,5 ini mengenalkan anggota2 yang dibahas di dalam file ..
Dan di usia brapa tahun kah anak2 kita harus cenderung bermain bersama teman2 perempuannya saja ??


Jawaban :
sederhanakan bahasa aja bund... jangan terlalu berat memikirkan caranya harus bgmn, manfaatkan momen emas saat bersama  si kecil dlm mengenalkan bagian2 anggota tubuhnya. Mirip materi parts of body di kurikulum anak paud/tk. Kenalkan pula fungsi2nya...
Misal;
Mata untuk melihat, tangan untuk memegang, kaki buat berjalan dll

Untuk pergaulan, sy sendiri tdk membatasi anak2 dlm bergaul, yg sedang sy kuatkan dirumah adl adab bergaul dan rules2nya dlm bergaul


. Nama : Ai


Pertanyaan :
Bu Lin,  bagaimana menjelaskan dengan baik dan benar pada anak usia 7,5th tentang haid?  Anak saya dua-duanya laki-laki,  yang besar (7.5th) beberapa kali mendapati saya tidak sholat dan saya sudah jelaskan bahwa saya sedang libur, haid lalu dia bertanya kenapa berdarah? Apa mama sakit dsb? Kenapa aku ngga libur? Kenapa dan kenapa? Semoga kedepannya bisa kasih jawaban yang ilmiah dan dimengerti

Jawaban :

Kalo sy menjelaskannya dgn bhs bhw haid itu adalah fitrahnya perempuan, kmdn adanya haid menunjukkan bhw sang perempuan sudah siap secara biologis meneruskan tugas keturunan. Jika perempuan haid itu artinya tdk terjadi proses pembuahan dlm rahim perempuan tsb, sehingga darah yg dimilikiny sbg cikal bakal anak manusia akan luruh... cukup sampai disitu. Jika pertanyaan terus berkembang, minta anak kembali menuliskannya dlm buku Rasa Ingin Tahu.

Mungkin teman2 ada yg mau menambahkan silakan... pd poin ini juga sy sangat berhati2 untuk memberi penjelasan. Mengatur bahasa agar sesederhana mungkin sesuai nalar anak. Mb Ai kaidahnya adalah jawab sj pertanyaan anak dgn BENAR, penuhi rasa ingin tahunya... kadang mrk pun belum terlalu jauh smpai ke hal2 yg privacy. Kadang kitalah yg terlalu panikan sehingga takut menjawab..., jangan... jangan... begini begitu 


8. Nama : Susi

Pertanyaan :
 anak saya laki2 usia 5th, suka pegang2 alat kelaminnya, saya tanya kenapa ko di main2in?dia bilang ga tau, saya bilang kalo itu perbuatan ga baik. Saya bingung gimana seharusnya saya bersikap?

Jawaban :
Iyess intinya kedepankan ketenangan dan jangan panikan. Agar kita bisa berpikir rasional dan mencari jawab serta solusi .Mangga bisa dilihat jawaban nomer 2 klo gak salah. Klo salah berarti cari yang benar



9. nama :fida

Pertanyaan :
bagaimana seorang ibu menjelaskan tentang mimpi basah kpd anak laki2ny(usia 10th),walaupun idealnya ayah yg mnjelaskan,tpi sang ayah hnya brkata itu alamiah g perlu dijelaskan.
slama ini anak sy cnderung lbh dekat k ibu..ngobrolin ttg sex,istilah2 sex yg d dpt dr tman2 skolah.. trimakasih sblmnya

Jawaban :
walaupun alamiah, tapi kita perlu mempersiapkannya loh... prinsipnya informasi awal HARUS dr orgtuanya, nah untuk menjelaskan bgm itu mimpi basah, bisa pake eksperiment pasta odol (bunda Elly Risman pernah share tth hal ini, mangga browsing). Diasosiasiakan pasta odol sbg sperma anak2 laki2 kita. Sy sdh jelaskan ini ke anak sy, dia relatif paham dan manggut2... dan bilang "aku belum mimpi basah buk..." 

Siap2 saja ya nak... begitu kata sy.


10. Nama : Nur Atilah 

Pertanyaan :
bagaimana menangani anak yg mengalami fase phalic? Cara menegur yah baik/memberitahu tanpa anak merasa tersinggung. Jazakillah..

Jawaban :

sy pun setuju bunda untuk tidak menegur. Tentu bekal kita dlm kasus ini adl emotional bonding dan seni berkomunikasi kpd anak. Ketika hububgan emosional dg anak dekat, mk akan lebih mudah sebenarnya untuk masuk ke dlm jiwanya dan memberikan input2 positif…


11. Nama : Army Nur Ramadhani 

Pertanyaan :
bun maaf pertanyaannya rada ekstrim mau nanya gimana cara menyikapi anak umur 10th yg suka ngmong jrok, berani godain perempuan yg lbih tua dari dia dan suka pgang" mliknya sendiri atau lwn jenisnya? Khawatir pada adik tkut kbwain sama tmnnya yg 1 itu pdhl sudah dilarang maen sama dia tpi dianya nyamperin aja adik aku k rmh 

Jawaban :

Untuk pertanyaan ini sy minta bantuan teman2... 
Kalo dr sy, anak dg kasus seperti ini butuh wkt untuk terapinya. Jika dg pendekatan personal belum berhasil, berarti kita membutuhkan praktisi ahli di bidang ini... 


12 . Nama: Aisha Kania

Pertanyaan :
Anak saya usianya baru 18 bulan, laki2. Terkadang ketika saya mau pipis trus ketauan sama dia, dia jadi pengen ikut je kamar mandi. Meskipun dia hanya main air&tidak melihat saya pipis, apakah diperbolehkan seperti itu mbak?
Kemudian, terkadang setelah saya/ayahnya mandi&mau berbusana, dia sedang nonton tv di kamar. Saya&suami memang menutup bagian kemaluan ketika hendak berbusana, tapi bagian lainnya terbuka. Apakah itu juga diperbolehkan? Terima kasih 



13 . Nama : Tri Novia Malita

Pertanyaan : Bagaimana menanggapi dan kasih pengertian pada anak laki2 berusia 3 thn yang mandi bersama dengan ibunya? karena kesibukan dan lain hal supaya cepat biasanya jadi mandi bareng kan bun. Makasih ilmunya


Jawaban :

Pertanyaan no.12 dan 13 hampir senada. Intinya apakah boleh aurat org dewasa terlihat oleh anak balita?
Kalau pengalaman sy, mandi dan bersama dgn anak2 di kamar mandi kami lakukan hingga anak2 usia 4th. Jelang 5th malah sudah risih sendiri. Aurat besar pun tdk dibuka blak2an... semaksimal mungkin dpt dijaga dr pandangan si balita dan batita. Adapun nanti memasuki fase tamyiz (mumayyiz) nya diharapkan sudah masing2 dlm urusan toiletries 

Wallahu 'alam

Referensi ini mungkin bisa menyempurnakan jawaban2 sy yg kurang...


https://fiqihwanita.com/bolehkah-orangtua-mandi-bersama-anak/


PENUTUP

Closing statement

Untuk mengajak balita kita mengerti ttg aurat dan batasannya ini lakukan pemahaman secara berulang2... ndak usah saklek2an & frontal mengatakan bhw "ibu gak mau mandi bareng dedek, karena bla...bla....bla....", nanti lama2 akan paham seiring dgn kemandiriannya meningkat mk si kecil akan  melakukan semua sendiri 


Manfaatkan saja momen bersama si kecil di kamar mandi untuk menanamkan sex education ini, mulai dr pengenalan organ tubuhnya, yg boleh disentuh dan tdk boleh, yg boleh terlihat dan harus ditutup, yang harus dijaga dan dihargai.

Seperti menanamkan sbh program komputer, install secara soft dan gentle. Kelak instalan kita akan recalling disaat anak2 bertemu momen yg terkait  hal2 ini dan ingat bhw bundalah yang mengajarinya untuk menjaga tubuh berharga mereka

#mendadakmelow
#ingetemak

You May Also Like

1 komentar

  1. HARAP BACA !!!! HARAP BACA !!!! HARAP BACA !!!! HARAP BACA !!!!

    Hey Guys !!! Senang sekali saya menjemput saya dari Mike Fisher. Kartu ATM kosong saya bisa menghabiskan $ 2.000 setiap hari. Saya mendapatkannya dari minggu lalu dan sekarang saya memiliki $ 14.000 secara gratis. ATM kosong menarik uang dari mesin ATM dan tidak ada nama di dalamnya, tidak terdeteksi dan sekarang saya punya uang untuk bisnis dan cukup uang untuk saya dan keluarga saya untuk tinggal. Saya sangat senang bertemu dengan Mike Fisher karena saya bertemu dua orang di depannya dan mereka mengambil uang saya tanpa mengetahui bahwa mereka adalah penipuan. Tapi aku bahagia sekarang. Mike Fisher mengirim kartu via DHL dan saya mendapatkannya dalam dua hari. Dapatkan kartu Anda sendiri darinya sekarang dia tidak suka scammers lain yang berpura-pura memiliki kartu ATM, Dia memberikannya secara gratis untuk membantu orang meskipun itu ilegal tapi sangat membantu dan tidak ada yang pernah ditangkap. Saya berterima kasih kepada Mike Fisher saat dia mengubah ceritaku dengan tiba-tiba. Kartu ini bekerja di semua negara kecuali Mali dan Nigeria. Alamat e-mail Mike Fisher adalah atmhacker243@yahoo.com
    WhatsApp +1 (512) 975-3897

    BalasHapus