Resume Diswhapp Bisnis : Jualan Laris, Keluarga Harmonis

by - 6:21:00 PM



Resume Diswhapp Bisnis
Kamis, 2November 2017
Jam 9-11 WIB

Narsum : Kenny Alkano
MD : Ai Qurotul Ain
Tema : Jualan Laris, Keluarga Harmonis

Profile Narsum
 
Sebelumnya perkenalkan saya Kenny Alkano. Silahkan ibu2 panggil saya dg sebutan bunda Kenny 
Saya anak ke 2 dr 5 bersaudara yg terlahir dikota Kediri. Skrg saya mempunyai 3 anak gadis balita dan 1 suami yg lumayan ganteng menurut saya 

Background pendidikan saya trakir s2 ITB. Background keluarga saya wiraswasta semua. Jd memang dari kecil saya di didik untuk selalu berjualan. Mulai dr  ketika SMU, saya tiap weekend jualan koran diperempatan dan tiap puasa jualan takjil. Ketika kuliah s1, ternyata jiwa entrepreneur sy masih tinggi. Saya kuliah sambil jualan loose leaf dikampus dan berbagai MLM yg sedang ngehits dijamannya saya ikutin. 

Lanjut s2, saya ternyata masih suka jualan. Saya berjualan aneka olahan jamur yg tiap minggu mangkal di Gasibu Bandung. sampai akhirnya, diakhir kelulusan saya berjualan undangan pernikahan secara online  dan alhamdulillah bertahan sampai sekarang. Ketika nikahpun tetap mnjalankn bisnis undangan, dan membuka usaha baru yaitu NONA TUNA.

Materi

Semua model bisnis sudah pernh saya ikuti demi  mencari jati diri. Mungkin disini ibu2 juga pasti ada yg pny pengalaman sama dg saya. Hayooo cuuunggg . Rasa nya berbeda ya bu ibu saat kita jalani bisnis 
Dengan status bujang, pny pacar, dan saat sudh punya suami apalagi sudah beranak. Antara geregetan, sebel, gemes kl saat ngerjain orderan tp anak lg minta diperhatikan.

Tp bagaimnapun juga kita ini ibu rumah tangga yg pertama dan utama yg diurus kluarga.  
Jadi mau gak mau Manajemen waktu itu perlu! Saat ini kessbukn rutin saya adalah mengurus rumah tangga, urus bisnis percetakan unddangan nikah dan bisnis nona tuna. 

Lalu bagaimna saya bagi waktu?? Hmmm.... 
Saya kebanyakan ngrumpi di dunia maya(k) bun 
Kembali ke awal ya bu ibu , Bagaimana caranya supaya jualan laris manis, keluarga tetap harmonis? 
Nahh... ada sdikit tips nih buat ibu2 : 

1. Pilih usaha yg sesuai dengan passion
usaha yg dimulai dr hobi biasanya akan membuat ibu2 lebih mencintai pekerjaan itu. 

2. Bangun komunikasi yg baik dg keluarga
Kendala terbesar bagi ibu2 pengusaha yaitu tdk bs mengatur anak2 spy memahami kondisi ibunya yg sdg bekerja. Untuk itu, pintar2 lah mengkomunikasikan dg anak. Jika anak masih kecil yg blum bs memahami, siapkan mainan menarik edukatif buat mrk dan manfaatkan waktu sebaik mungkin saat mrk diam! 

3. Sebelum tidur, Catat setiap pekerjaan yg akan kita lakukn di esok harinya. Urutkan mulai dr yg prioritas
dengan menulis to do list ini akan mmbantu ibu2 lbh siap menyongsong esok pagi dan juga dlm melakukan satu pekerjaan, ibu2 tidak akan terus menerus memikirkan pekerjaan selanjutnya. Jadi akan bs lebih fokus. 

4. Lakukan dulu pekerjaan yg berhubungan dengan orang lain
misal jika msh pny bayi, tidurkan dl bayinya. Urus dl suami sampe dy brkt kerja. Dan anak2 brkt skolah. 
Sebagai pengusaha kita juga jangan menunda pekerjaan yg berhub dg org lain. Misal harus follow up calon customer/reseller, menjawab smua chat yg masuk dg segera, dll.... 

5. Subcon kan pekerjaan jika diperlukan
saat baru memulai usaha memang smua dikerjakan sendiri (kl mnurut sy ini memang harus. Supaya kita tau beban kerja massng2 sub pekerjaan). Tp ketika sudah bertumbuh, banyak hal yg butuh bantuan org lain. Jangan takut mencari karyawan. Jangan takut tidak bs gaji mrk. 
Skrg gini ya,,, ketika dy kerja dg kita, dy kita gaji dulu atau dy kerja dl sbulan br kita gaji?? Kerja dulu kan? 
Nah.... dalam sbulan dy kerja kan ada aktifitas yg menghasilkan pasti. Sisihkan uang itu untuk gaji dy. InsyaAllah rezeki kita pasti akan nambh kok krn kita jd banyak waktu untk promosi(misalkan)

6. Manfaatkan teknologi
sekarang jaman sudah brubah. Teknologi dimana2. Jd manfaatkan teknologi yg ada. 
Misal promosi atau ada yg tanya di fb gak harus kita tiap hr posting terus. Ada fitur upload 
otomatis tinggal setting waktu dan hari . Beres! 
Ada juga fitur jawab otomatis. Jd kita tinggal tunggu mrk di wa aja... dll.... 

7. Lakukan pekerjaan yg bs dikerjakan dalam satu waktu
Kita bs mencari ide2 posting, edit yg akan diposting selama senin-jumat di weekend. 
Jd biasanya saya hr sabtu itu waktunya mikir apa aja ya yg harus diposting slama sminggu kedepan? 
Lallu hr minggu eksekusi. Cari bahan postingan , desain dan edit, lalu post terjadwal di fb. 
Mka senin-jumat akan otomatis fb mengupload postingan kita. 
Jd tidak setiap hr kita mikir promosi 
Dll....

8. Total fokus atau istirahat total
Kdg kita sbg pengusaha ada rasa jenuh ya jalani aktifitas ini itu gak habis2,,,, kl sedang jenuh spt itu sbaiknya gak usah kerjakan tapi beristirahatlah. Karena jika dipaksa kerja akan setengah2 nantinya. Tp jgn sampe moody juga ngerjainnya ya.... krn akan berpengaruh ke hasil recehan yg akan kita dpt 

Dgn bisa dan mampu memanajemeni waktu, ibu2 akan menjadi seorang pengusaha profesional yg bs mengumpulkan pundi2 berlian dan keluarga tidak terbengkalai. 

Selamat mencoba!

Sesi Tanya Jawab

1. Nama: Ifa
Dari: member
Pertanyaan :
Mba ken harapan saya anak saya itu tidak akrab dengan yang namanya gadget, lalu bagaimana dengan para mom olshoper yang kesehariannya menggunakan gadget dalam menjalankan bisnis, pastikan anak itu melihat & mencontoh.
Kalau nunggu baby tidur jadi gak fast respon ya kita terhadap custemer/ resseler.
Mohon pencerhannya 

Jawaban
IFA - member
betul sekali mbak Ifa,., saya pun juga masih belajar membatasi anak saya bermain gadget. 
dulu ketika saya baru memulai usaha,, smua pekerjaan saya handle. mulai terima orderan sampai packing. ketika ada orderan masuk dan bersamaan saat saya sedang membersamai anak, biasa nya saya curi2 waktu ... jadi saat ada calon customer tanya, saya biasanya lgsg masuk kamar mandi pura2 pipis tapi dikamar mandi chatting. hahhaha.... 

tapi kesini2 alhamdulillah makin rame orderan dan saya tdk boleh single fighter,. (karena pengalaman kl smua ditangani sndr malah kita nya yg remuk. Bahkan saya sampai masuk RS),, jadi saya punya mimin online. 

Oh ya skrg juga ada fitur jawab otomatis di FB. beri informasi sedetail mungkin sehingga calon customer gak banyak tanya. atau jika orderan masih di WA, WA pun skrg uda ada aplikasi autotext. jadi mbak ifa gak perlu ngetik berlama2 hanya untuk menjawab pertanyaan yg sama dengan customer lainnya. intinya beri informasi sedetail mungkin sehingga kita g perlu tektokan tanya jwb dg mereka. 
ketika rada longgar,,, baru deh di follow up. follow up pun dengan teknik pertanyaan yg jawabannya jangan sampai memberi peluang mereka bilang TIDAK/GAK JADI ORDER.  

ITU! 
kurang lebihnya seperti itu mbak ifa. semoga terjawab

2. Nama : Lanny
Asal: group member

Pertanyaan :
Assalamualaikum mbak kenny ....
1).Kira2 bisnis yg cocok buat pemula yang bisa saya lakukan apa ya ?yang perputarannya bisa tiap hari, modal nya tidak terlalu besar dan msih tetap bisa mengurus anak2? Kebetulan rumah saya dekat dengan pasar kaget yg buka dari jam 5 - 9.
2).selama ini saya udh menjalani jualan baju anak tetapi sy rasa  perputarannya terlalu lama gak tiap hari bisa terjual, minta saran nya dong mbak gimana agar bisa membuat usaha ini  lebih baik lagi.makasih mbak kenny

Jawaban
Lanny-member
hi mbak, kl saya sih smua bisnis pada dasarnya bagus. tak ada bisnis yg buruk kec bisnis perdagangan wanita (hahahhah). 

dari pengalaman yg saya jalani selama ini, ternyata bisnis itu jodoh2an lo dengan kita. macam kita cari pacar aja. kliknya di bisnis mana... 
ada yg pinter banget ngejualin baju, tp jual makanan gak pernah closing, dan sebaliknya. dan itu juga saya perhatikan dr reseller2 saya juga. jadi kelihatan mana yg reseller potensial, mana yg bukan :D
makanya dl waktu saya masih gadis,, saya betul2 mencari jati diri . semua jualan saya lakuin. mulai dari jd dropshiper sampe jadi produsen apapun itu. 

yg jelas jalani bisnisnya harus sesuai dengan passionnya, misal kl mbak hobi masak, ya jualan makanan aja. kl suka fashion, jualan baju. Kl masalah perputaran cepat atau tidak itu menurut saya tergantung bagaimana kita promosi. jangan sampai kita jualan produk yg menurut kita spektakuler tp promo/koar2 nya gitu2 aja. ibaratnya kita menganggap org lain tau produk kita, tapi sebenarnya org lain tidak banyak yg tau. 
atau kita hanya menunggu customer datang tanpa kita kasih umpan promosi. itu bahaya. 

jadi dagangan sepi itu bukan berarti produknya yg buruk, tapi sejauh mana kita sudah mengedukasi org untuk tau produk kita. kl bisnis yg pengennya mbak msh bisa ngurus anak, jadi reseller aja :D . 
pertanyaan kedua similar dg pertama ya mbak

NGONO!

3. Nama : Rina 
Dari :  found 1 
Pertanyaan :
 1. Bisnis selalu ada naik turun berhubungan dengan semangat...bagaimana bisnis bertumbuh kl semangat naik turun?
 2.Bisnis sesuai passion jika tidak sesuai dengan background pendidikan tp ttp ingin mengembangkan dari sisi background pendidikan...mana dulu yg diutamakan? Thans mb keennn

Jawaban
Rina.
manusiawi sekali jika kita dihinggapi rasa semangat yg kendor. kl lagi spt itu, sebaiknya mbak refreshing dl ke mall belanja berlian dulu mungkin, ato sekedar berlibur dengan suami dan anak ke bantaran sungai kalimalang. :D yg jelas istirahatkan dl jiwa raga mbak. sepertinya kurang piknik . 
tapi pastikan, jangan ada hutang pekerjaan sebelumnya. selesaikan pekerjaan  sblm refreshing. 

pastikan hutang pekerjaan ya. jangan hutang uang. nanti didaftarin ke microfon pelunas hutang bahaya....

satu lagi,,, ikutin komunitas bisnis. biasanya disana banyak teman2 sebagai penyemangat. 
kita akan menjadi positif jika kita berada dilingkungan positif. 

(2) kalo menurut saya sih tidak masalah kita menjalankan bisnis tidak sesuai dg background pendidikan. tidak salah juga kita kuliah apa,,, skrg kita jadi apa.... 

perlu diingat juga saat kita kuliah tuh apa sih yg didapet selain dapet jodoh dan ilmu??  
kita dpt pertemanan dan bs berjejaring. membangun koneksi, dll... dan itu saya rasakan manfaatnya sekali ketika saya berbisnis skrg ini. 
jadi jangan terpaku dg background pendidikan. jalani aja sesuai passion kita. 

NGONO!

4. Nama : feni
 
Pertanyaan :
1. bagaimana cara mengelola emosi sis kenny ketika sedang dikejar2 deadline disini dan disana trua barengan anak2 pengen perhatian
2. Biasanya bikin to do list pakai reminder apa ya jeng ?
Makasih lho...

Jawaban
Feni. 
mengelola emosi saat banyak deadline? 
1.  sabar
2. syukur alhamdulillah banyak orderan 
3. tenangkan pikiran kerjakan yg prioritas dulu bikin list nya pekerjaan 1-2-3-4 dst... jadi pikiran kita dijamin gak akan spaneng. karena kita akan fokus ngerjain step by step tanpa mikir next step. 
kerjakan tuntas dan fokus intinya. 

kalo pas anak riweuh? pastikan anak sudah kenyang makan nasi. kl mereka sudah kenyang, gak akan rewel dan diem kok disodorin mainan apa aja. biasanya sih aku kasih kertas ama spidol uda diem. bikin aktifitas mrk tidak membosankan. 

(2) saya biasanya bikin to do list nya dikertas biasa aja. dimalam hari sblm tidur coret2 dikertas sebelum diapa2in ama bojo. hahahahhaha....  

NGONO!

5. Nama : nurina
Dari  ( member/foundy) : karawang
Pertanyaan :
1. Dari profil teh kenny menyebutkan pernah mengikuti berbagai macam MLM, lalu bagaimana caranya menghilangkan stigma negatif mlmers? 
2. Apakah teh kenny pernah merasakan mood turun dalam menjalankan bisnis? Jika ya, bagaimana cara menghadapinya? 
Terima kasih...

Jawaban
Nurina. 
(1)
 Saya pernah ikut MLM mulai dr sopie martin, amway, oriflame,nuskin, wondermind, Paytren, dan masuk bnyk lainnya. (Lupa yg lainnya)
MLM itu tdk negatif lo.. Sy bahkan belajar bnyk dr sana. 
Bahkan sy bersyukur pernah ikut MLM. Disana yg bs sy ambil manfaatnya tu sistem berjejaringnya keren, cara menjaga downline, dll.... 
HIDUP MLM!!!
Negatifnya MLM apa ya? Tiap MLm beda2 sih ya.. Hehehhe.. 
Yg jelas ambil positifnya aja jgn pikirin negatif nya. 
Kl ud terlanjut san menyesal ya jgn diulangi lg. 
Krn mgkn itu bentuk pendewasaan kita dalam berbisnis. 

(2). 
Bosen? Pernah! Biasanya saya jalan2 aja ama anak saya. Minimal ke mall. Sekedar Beli chiki dll itu uda menyenangkan hehhe..

6. Nama : Ninis
Dari : Member
Pertanyaan : Mbak Kenny,bagaimana membagi waktu antara bisnis "Jenggala" dan "Nona Tuna" nya...Apakah ada yang lebih prioritas diantara keduanya?Krn dua hal itu sangat berbeda...
Jika suatu saat,harus memilih utk yg akan dikembangkan..Pilih mana dulu?

Jawaban
Ninis.
sebenarnya bisnis undangan saya ini sangat sederhana dan simple bgt kl dijalani. 
saya hanya promosi sampai tahap desain saja. selebihnya produksi saya lempar ke Kediri (kebetulan ortu saya punya pervcetakan yg smua pekerjaannya sudah inhouse pengerjaannya). 
jadi ketika tahap desain uda beres, saya tinggal leyeh2 aja. 

kl untuk bisnis nona tuna ini saya uda dapat ritme nya dengan membangun tim sehingga tidak menyita banyak waktu buat saya. kl disuruh memilih tentu saya ingin membesarkan bisnis orang tua saya. yaitu percetakan. 
karena mrk membangunnya mulai dari 0 bahkan minus dan saya menjadi saksi sejarah jatuh bangunnya jenggala (bhhahhh ,,, hahahahah) . 

memang tadinya saya idealis pengen nona tuna selalu yg terdepan, tp saya harus realistis bahwa ada perusahaan yg menanti saya berkiprah disana suatu saat nanti. belum lagi dari kelima anak ortu saya itu yg jiwa entrepreneur hanya ada disaya. yg lainnya akademisi smua. 
jadi harus mulai belajar pelan2 dari skrg. 
NGONO!

7. Nama : Nining Suherni
Dari : foundy 1
Pertanyaan : izin bertanya bun,Bagaimana caranya punya karyawan, dan memanage nya?
Terima kasih..

Jawaban
nining. 
buat mereka nyaman bekerja sama dengan kita. 
kl saya biasanya menanamkan ke mereka bahwa tak ada istilah atasan dan bawahan. 
kita disini sama2 bekerja.kita keluarga. mereka bekerja cari uang, saya bekerja untuk cari uang dan gaji mereka. jadi tak ada tuntutan dan tekanan. tuntutan ada pastinya, selama mrk sudah melaksanakan dan beres sesuai jobdesk nya, itu sudah cukup.
Itu biasanya yg membuat mrk betah.

8. Nama : Titik Nurhidayah (member)
Pertanyaan :
Assalamualaikum,,,
Bunda kenny, saya saat ini sedang belajar bisnis online. Dalam perjalanannya semangat saya suka naik turun. Kalau lagi laris manis atau mood lagi bagus semangat banget buka² toko onlinenya tapi kalau lagi sepi pembeli atau merasa lagi gak mood  suka berkurang semangatnya.
Bunda kenny bisa bagi tipsnya, bagaimana cara menjaga semangat berbisnis agar dalam perjalanannya tetap konsisten semangat juangnya ? 
Terimakasih
 Jawaban
Titik. 
cari komunitas sih biasanya saya. 
komunitas itu didalamnya banyak org2 positif yg saling menjaga semangat biasanya. 
kl saya lagi gak mood banget biasanya ya ke komunitas itu. selain itu juga sering cari motivasi nya dari video2 motivator. googling aja di yutub. semangat kembali membara!! 

trus pesan saya, jangan patah semangat kl orderannya lg gak banyak.bahkan kl biasanya orderan saya lagi sepi, biasanya malah saya manfaatin buat refresh produk. misal, perbanyak foto produk, edit sana sini biar cantik medsosnya, stalking2 akun bisnis org lain yg similar dg kita, cari ide2 yg lebih fresh. 
jadi harus semangat ya mbak.  

NGONO!

9. Nama :setianingsih
Dari : member
Pertanyaan :
 bagaimana trik ibu rumah tngga yg punya balita dirmh agr bisa berkarya dan menghasilkan jg

Jawaban
setianingsih. 
saya punya 2 balita dan 1 bayi 1.5 bulan. 
biasanya saya lebih mendahulukan hak mereka terlebih dahulu. 
ketika smua hak mereka sudah saya penuhi, saya bilang ke mereka, "nduk, mama kerja dulu ya diruko. cari uang buat bayar SPP skolahmu" . biasanya mereka tau dan mainan sendiri. 

yg paling penting pastikan mrk sudah kenyang. kl uda kenyang tuh gak bakal rempong lah bu,,,, itu trik saya menyiasati bayi2 dirumah. 
 
10. Nama : meti
Dari : member
Pertanyaan :
Pada poin 7 mba kenny melakukan promosi otomatis untuk hari senin-jumat.. Kl boleh tau, pake apa mba? Maksudnya ada aplikasinya kah yg bisa posting otomatis? Karena saya tiap kali mau posting waktu habis/lama untuk berpikir, merangkai kata, edit2, dll..

Jawaban
nah betul. itu tujuannya saya melakukan promosi otomatis untuk menghindari kelamaan mikir saat promosi disetiap harinya. biasanya di hari sabtu saya pakai buat berfikir, kl ada ide catat aja dl dikertas apa di hp gt. minggu eksekusi ide2 tadi. kl posting terjadwal di FP ada mbak fiturnya. kl di IG bisa pake GC atau aplikasi lainnya.

11.Nama : utie
Bgaimna kl ad ttngga jual brng yg sama....jualny mhal....
Apkh kita ttp dgn hrga sama?
Mksdy harga sndiri yg lbih murah/ikutan mahal.krn ga enak

Jawaban
utie. 
rezeki sudah ada yg ngatur mbak. yg penting kita jualan halal, tidak menyalahi aturan dan etika berbisnis ya tidak masalah.kl tetangga jual lebih mahal dan mereka laku ya rezekinya dy. perlu dipahami bahwa pasar dari produk yg kita jual itu tidak hanya tetangga saja. tapi diluaran ada ribuan juta calon pasar kita. 

mari coba dengan berjualan di media sosial, perbanyak perkawanan, insyAllah rezeki mengikuti. Al-faatehah

NGONO!

You May Also Like

0 komentar