FILM MARS

by - 11:45:00 PM

Beberapa waktu yang lalu, bertepatan dengan hari pendidikan, 2 Mei 2016. Tim IIP Karawang, berkesempatan untuk menonton bareng film MARS bersama IIP dan juga Bapak Anies Baswedan. 
source : google

Berikut beberapa review dari member IIP Karawang. 

Lina Ibune Azzam💕
Ibu dan Anak....
2 perempuan ini selalu saja membawa emosi, meremas remas hati dan mengalirkan air bening di sudut mata.
MARS...
Sebuah judul film dalam rangka kado indah Hardiknas 2 Mei 2016. Mars ~ Mimpi Ananda Raih Semesta merupakan kisah perempuan hebat dari Gunung Kidul, Yogyakarta bernama Tupon dan putri semata wayangnya Sekar Palupi.
Insightfull....and meaningfull...
Mrebes mili setelah menonton film ini. Rekomen banget buat tontonan bersama keluarga yang edukatif dan sarat pesan-pesan kebaikan.
Berlatar belakang hidup dalam penderitaan dan kemiskinan, serta penilaian sosial bahwa Sekar tidak mungkin memiliki pendidikan tinggi tidak lantas membuat Sekar patah arang. Berbekal keyakinan akan Kuasa Sang Pencipta, Sekar terus melaju mengasah potensinya, mempertajam ilmunya, menerima "challenge" dan akhirnya berkat do'a sang ibu, Sekar melesat terbang ke Oxford University, London. Disana, ia meraih mimpinya menjadi master astronomi terbaik yang dimiliki Indonesia.
Poinnya adalah;
Kunci Sukses yang diajarkan dalam padepokan ibu profesional ternyata include dalam cerita tersebut. Mengetahui JALAN sukses, kemudian menempuh CARAnya, dan.....menguatkan rumus semestakung ~semesta mendukung~ . Do'a bidadari dan taqdir berlaku disini...♡♡♡
Sekian dari saya....😍
Fini Alfi F:

MARS adalah sebuah film yg menceritakan tentang sebuah keluarga kecil dan miskin di daerah Gunungkidul.
Mengkisahkan tentang seorang ibu yg bernama Tupon.
Seorang wanita buta huruf yg memiliki semangat luar biasa agar anak semata wayang nya yg bernama Sekar Palupi bisa mengenyam "pendidikan yg layak" .
Seorang ibu yg menginginkan anak nya melihat alam semesta tidak terpuruk dg kebodohan.
Tupon..seorang ibu yg kuat yg melewati kerasnya hidup..membesarkan Sekar sendirian setelah ditinggal suaminya karna kecelakaan kerja.
Dengan kecerdasan emosionalnya ia mampu melewati nya.
Karna ia percaya Allaah akan selalu bersama orang2 yg mau bekerja keras dan berikhtiar.
Sekar pun akhir nya mampu mewujudkan mimpi orang tua nya dg prestasinya.
Kisah ini bs mnjadikan semangat kita sebagai ibu untuk selalu bersemangat dalam mengupayakan pendidikan anak.
Terutama pendidikan agama nya.
Semangat untuk kita seorang ibu untuk belajar belajar dan belajar..krna bagaimanapun jg pendidikan pertama bagi anak adalah ibu nya..
Agar kelak kita punya hujjah saat kewajiban kita dipertanggung jawab kan.
Kita masih lebih baik kondisi nya dr seorang ibu yg bernama Tupon..
Lantas apa yg membuat kita kurang bersyukur???
Semoga bermanfaat...
Yukkk smangat teman2...
@fini_ummughiyats 💐

Neneng 

Namanya adalah Sekar, seorang gadis kecil yang berasal dari Gunung Kidul, Yogyakarta. Daerah yang kata astronomi terkenal itu adalah daerah dengan tingkat pembunuhan paling tinggi. Gunung Kidul katanya tempatnya gersang dan tingkat kemiskinan di sana tinggi.
Tuhan memberikan saya berkesempatan menghampiri cerita kehidupan Sekar yang awalnya tertulis dalam lembaran tapi kini saya menyaksikan pada layar lebar.
Kisah Sekar menjadi menarik karena Tupon; seorang wanita yang pada telapak kakinya surga berada, bukan wanita berpendidikan apalagi kaya raya tapi ia mengimani bahwa ilmu meninggikan derajat seseorang. Menjadi orangtua tunggal tak menggoyahkan keyakinan akan esok yang lebih baik. Dan dia percaya Allah Maha Mengetahui Segalanya. Maka dengan segala keterbatasan ia tetap berjuang mengantar putri kecilnya mencapai Lintang Lantik; nama planet Mars versinya.
Boleh jadi Tupon tak mengenal apa itu teori kecerdasan jamak, behavior, montesery, sentra dan sebagainya. Ia juga tak paham tentang bullying yang diterima Sekar diawal masa sekolahnya. Yang ia tahu, hanya cinta, ketulusan dan keyakinan pada Sang Kuasa akan masa depan Sekar yang lebih baik. Tupon mungkin tak paham kalau memarahi seorang anak bisa menghancurkan sel sel yang ada di dalam otak anak dan ia membesarkan Sekar dengan penuh cinta. Cinta yang ditunjukkan dengan wujud aslinya. Bukanlah cinta yang diekspresikan dalam bentuk kemarahan. Ia membesarkan Sekar dengan harapan dan ketangguhan yang langsung ditiru oleh anaknya. Orang itu lebih mudah meniru perbuatan daripada menurut pada perkataan.
Setelah perjalanan yang panjang, Tupon berhasil mengantarkan Sekar berdiri di podium universitas luar negeri. Yang bagian nama kampusnya sulit diucapkan oleh lidah kelunya. Allah memanggilnya lebih dulu untuk melihat planet Mars yang sering ia ceritakan pada Sekar.
Ialah ibu yang harusnya menjadi pahlawan pejuang sepanjang masa. Maka harapan saya pada hari pendidikan nasional adalah hari dimana ibu menjadi pendidik bagi putra putrinya. Hari dimana ibu menjadi penyumbang pelaku peradaban Indonesia yang lebih baik dimasa depan.
Neneng Nurhasanah yang ditemani secangkir teh hangat dari Mamah.


Henny: 

Dimulai oleh flashback kehidupan seorang anak bangsa yang telah lulus dari Oxford university di Inggris (Sekar Palupi, Gunung kidul) yang telah sukses menempuh perjalanannya dalam meraih sebuah cita-cita setinggi mungkin yakni ingin menjadi sebuah (lanting lantip) bintang yang bersinar diantara sekian banyak nya bintang.... 😘
Untuk menjadi sebuah bintang yang bersinar untuk meraih semua itu butuh sebuah ilmu pengetahuan 👍🏻sudah terwujud menjadi master dibidang astronomi🎓
Namun butuh perjuangan dan  pengorbanan  juga  untuk mewujudkannya.... 💪🏻 serta peran serta ayah dan ibu yang sangat dinantikan do'a mustajab nya 😇
Peranan dan cinta ibu sangat dibutuhkan oleh seorang anak didalam masa depannya. Yang juga dilakoni oleh Tupon sebagai ibunya sekar palupi.  Dalam keadaan yang terpuruk dalam sebuah kemiskinan harta dan lingkungan yang tidak kondusif dimana tingkat bunuh diri tinggi serta diusia belia anak-anak gunung kidul sudah menjadi pekerja keras guna membantu orangtuanya u/ sesuap nasi, dapat membangkitkan semangat hidup untuk berubah ke yang lebih baik lagi. Yang menjadi harapan impian nya agar anaknya sekar palupi dapat mengenyam pendidikan setinggi mungkin . Dan yang akhir nya diterima dengan ikhlas  takdir Allah bahwa ia menjalani hidup  tanpa seorang suami disamping nya. Namun itu tidak membuat nya patah semangat. Untuk sebuah impian agar kelak anaknya tidak seperti diri nya yang tidak pernah mengenyam pendidikan. 😭
Itulah seorang ibu yang dimana didalam dirinya melekat sebuah kemuliaan 😘💐
Dari AbuHurairah radhiyallaahu ‘anhu, beliau berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu.
Yang mendidik anaknya mengenalkan siapa diri nya  dan siapa Illah nya.  Itulah keutamaan ilmu sesungguhnya... 😇
Sesungguh nya Allah tidak melihat penampilan,  harta yang banyak, kendaraan, dan juga rumah yang besar serta mewah.... namun Allah melihat siapa yang berilmu beriman dan bertaqwa 😍😇
Maka tuntutlah ilmu disetiap saat.... ✍🏻🎓
Menuntut ilmu diwajibkan atas orang islam laki-laki dan perempuan.
#Maaf bila masih belum bisa mengolah kata2 nya 😅#

-admin-

You May Also Like

0 komentar