JUALAN ONLINE

by - 12:03:00 AM

source : freepik
KULWHAPP JUALAN ONLINE 

Narasumber : Ahmad Rifai 
Notulen : Miyuki 

Materi 
Sebelumnya perkenalkan nama saya Ahmad Rifai, temen2 biasa panggil rifai / Fay ;) jadi temen2 disini bisa panggil saya kang fai atau kang fay. saya adlh seorg enterpreneur alias bukan karyawan :D

sejak 2012 menjalankan bisnis jasa pembuatan website dan toko online, skrg berkembang membuat jasa training fokus pd dunia online dan internet marketing ^_^ untuk lebih lengkap temen2 bisa liat profil bisnis saya di >> annahl-webmedia.com
Ok.. lgsg aja kita masuk ke.materi yaa

dibuka dengan pertanyaan >>> APA ITU BISNIS ONLINE ???
jadi... >>>>>  Bisnis Online terdiri dari 2 kata yakni Bisnis dan Online. 
Bisnis adalah suatu usaha atau aktivitas yang dilakukan oleh kelompok maupun individual, untuk mendapatkan laba dengan cara memproduksi produk maupun jasanya untuk memenuhi kebutuhan konsumennya.
Sedangkan kata Online adalah suatu kegiatan yang terhubung melalui jaringan komputer yang dapat diakses melalui jaringan komputer lainnya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Bisnis Online adalah suatu kegiatan atau aktifitas yang dilakukan di media internet untuk menghasilkan uang. Seperti halnya sebuah kegiatan bisnis di kehidupan nyata, bisnis online yang di jalankan via Internet ini pun memiliki tujuan yang sama yaitu menghasilkan suatu keuntungan.

Sedangkan Menurut situs wikipedia.org, >>>> Bisnis online dikenal dan digambarkan sebagai Perdagangan elektronik. “Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis”. (http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis_online)

Bisnis online memiliki prospek yang cukup besar pada saat ini dan dimasa mendatang dimana hampir semua orang menginginkan kepraktisan dan kemudahan dalam hal memenuhi kebutuhan, praktis adalah salah satu ciri khas dari bisnis online dimana transaksi suatu bisnis dapat dilakukan tanpa betatap muka atau bahkan tidak saling kenal sebelumnya.
nah itu tadi pengertian bisnis online.. jadi dr situ kita sudah punya gambaran yaa apa yg dimaksud dgn bisnis online ;)

Bagaimana cara memulai bisnis online

saya sering banget mendapati pertanyaan kayak gini >> “Pak , saya ingin dapat income dari bisnis online, itu bagaimana ya?”
nah jawaban saya simple aja >> Memulai bisnis online harus dengan sikap mental yang positif #udhgituhaja 😁
Beberapa sikap mental yang positif yang diperlukan ketika Anda ingin mengembangkan bisnis online adalah dengan :
– Menjadi pribadi yang mau rendah hati untuk belajar
– Tidak takut mengambil resiko yang telah diukur
– Belajar bekerja efisien dan efektif
– Mau terus mencoba sekalipun pernah gagal
– Bermimpi untuk sukses di bisnis online
Kalau anda sudah mempunyai sikap mental positif seperti diatas, anda dapat mulai menjalankan bisnis online dan meraih kesuksesan.
Ada banyak sekali jenis bisnis online yang dapat anda jalankan. Anda dapat mempelajarinya dan menjalankan yang mana sesuai dengan kemampuan dan minat anda.
ada 11 model bisnis online yg terkenal, antara lain google adsense, iklan online, menjual produk, affiliasi, menulis, jual beli domain, surver, dll

Dari semua peluang bisnis online yang ada, anda bisa mencoba dan untuk kemudian menetapkan yang mana yang sesuai dengan kemampuan anda.
nah setelah kita tau 11 model bisnis online , muncul pertanyan baru >>> “Oke saya tahu pak, saya ingin sekali mencoba bisnis online tapi MODAL saya terbatas, apa yang harus saya lakukan, darimana saya harus memulainya?”
permasalahan klasik para pemula adalah MODAL, padahal modal bukan cuma bentuk uang, saya selalu tekankan bahwa ketika anda sudah mempunyai SKILL itu adalah modal yg paling besar dan dahsyat, jadi .. jgn pernah sepelekan SKILL anda.. karna dari situlah uang bisa anda dapatkan. Nah selain itu juga.. ketika mulai bisnis / jualan.. hilangkan rasa malu.. seringnya dr kita itu MALU nya kegedean.. padahal jualan halal .. ngapain pake malu, jika sudah tidak MALU, maka sebagai pemula, anda bisa coba mempromosikan barang/produk orang lain. Bisa sebagai affiliate, reseller atau sistem dropship.

Misalnya saja Anda ingin mempromosikan sebuah produk fashion tapi tidak mau pusing dengan segala macam urusan produk, layanan support, pengiriman barang, dsb.
Jika demikian, anda bisa menjadi seorang reseller atau dropshiper.
Anda hanya mencari produk terbaik dan mempromosikannnya ke target market yang tepat. Bisa melalui BBM, Facebook atau Instagram. Modal untuk memulainya sangat terjangkau.
Modalnya pun sebagian besar hanya mempublish foto-foto terbaik dari produk yang Anda promosikan. Begitu ada pesanan, tinggal kontak si penjual, ketika konfirmasi barangnya ada, tinggal menghubungi si pemesan. Barang datang dengan alamat pengiriman dari Anda (padahal yang ngirim adalah penjual asli).
Lalu bagaimana cara memulai menjadi reseller atau dropship ini? Paling tidak ada 3 hal yang paling penting supaya anda bisa untuk sukses ketika berjualan online
Salah satunya adalah, Berpikirlah dari sudut pandang pembeli dengan mencari tahu apa kebutuhannya!
Misalnya:
– Kalo mau jualan baju, baju seperti apa yang mereka sukai?
– Kalo mau jualan jam, jam tangan apa yang lagi trend atau disukai oleh market online?
lalu ada yg tanya begini >> “Pak , bagaimana jika saya tidak tertarik menjadi dropship? Adakah cara lain bisa jadi lebih cocok untuk saya?”
Anda bisa belajar untuk menjual dan memasarkan produk atau jasa lewat internet (fokus pada ilmu marketingnya). Bila anda sudah tahu cara-cara marketingnya, anda bisa mulai fulltime berbisnis online sendiri dengan menjual produk atau jasa milik sendiri.
Misalnya saja dengan menjual keahlian atau hobi Anda melalui internet. Atau menjual jasa yang berhubungan dengan pengalaman bisnis, properti, family, keamanan, dst.
Apakah bisa?
BISA!
Contohnya : Anda bisa jual pengalaman traveling, pengalaman membeli properti, menjual kursus online, dst
btw semua bisnis, baik itu bisnis offline atau bisnis online tidak ada yang langsung menjadi besar.
.
Semua berawal dari kecil lalu berkembang dan diperbaiki. Ada 4 level dalam meningkatkan pendapatan yang harus Anda jalani sebelum benar-benar mendapatkan income terus-menerus dari internet
Anda harus mencoba, terus belajar dan membangunnya sampai besar. >
Dan bila sudah sukses anda bisa melakukan duplikasi bisnis atau lebih focus lagi dengan bisnis online anda. Mengembangkan ide adalah yang paling penting dilakukan untuk memulai bisnis online ini.
>
Berani mencoba dan berani mengambil resiko adalah kunci sukses dalam bisnis online ini. Jangan pernah menyerah.
demikian kira2 penjelasan singkat saya... semoga ada ilmu yg bisa di ambil dan bermanfaat

TANYA JAWAB

Pertanyaan 1
Mega IIP
Mba sy sdh bisnis online 4thn lalu,,,namun skrg nh sdh hmpir 1thn saya produksi sendri brng yg saya jual online th(karpet) n skrg sdh mulai jenuh n pngn gnti K yg lain,,th kira2 solusiny gmn y mba,,,bwt ngilangin kejenuhan th. (kondisinya punya balita)

=======
saya fikir jawaban terbaik menghilangkan jenuh itu bukan pindah ke bisnis yg lain.. bisnis kita harus tetap jalan dan menjadi besar, nah kita nya harus sejenak jalan2.. biar bisnis ini di urus sama karyawan.. ,makanya penting nya kita membangun team sejak awal.. agar nanti kedepan bisnis nya tetap jalan, owner nya jalan2 ☺

Pertanyaan 2. 
Hima IIP
Saya mau nanya bu....
Nama saya Hima
1.persiapan mendasar apa sj untuk memulai bisnis?
2.bagaimana trik melejitkan pemasaran ditengah2 para penjual jg menggunakan media yg sama utk promosi?
=======
persiapan mendasar memulai bisnis adlh.. NIAT yg kuat terus tentukan produk yg mau dijual dg sebelumnya lakukan survey kecil2an kira2 apa yg dibutuhkan oleh org ;)

untuk  trik melejitkan pemasaran ya tentunya ada harga yg harus dibayar.. jelas akan berbeda ketika kita menggunakan iklan berbayar seperti FB ads / iklan di media2 online, dengan hanya jualan modal status di FB.. jelas akan beda impact nya 😊

Pertanyaan 3. Bintun
Asslmkm...mbak punt mw nympkn bbrp pertanyaan :☺😘
1. Persiapan ap sj utk mmulai bisnis ol? persiapan nya seeprtinya  tadi sdh saya jelasin di materi yaa

2. Apakah memiliki web sarat wajib utk mlkukan bisnis ol? sangat wajib, karna dlm dunia online website adlh harta karun kita dan sebagai profesionalitas kita , penipuan online aja pake website masa kamu nggak sih :D

3. Bgm mmbidik pangsa pasar bisnis ol? Mhn pnjelasannya. ?  untuk membidik pasar bisnis online, anda bisa menggunakan layanan atau fasilitas Google Trend disana bisa kita lihat trend produk kita apakah sedang bagus atau tidak. untuk lebih lengkap mungkin bisa dibuat pertemuan tatap muka langsung sambil di depan laptop ;)

4. Jk memiliki web "dihimbau" dlm bisnis ol, adakah tip n trik dlm memilih or mbuat web yg lbh recommended? saran saya gunakan website, jika kesulitan membuat website bisa hubungi saya atau ke annahl-webmedia.com ;)

pertanyaan 4. Bunda Jotaro
Pertanyaan nya..  Bagaimanakah cara promo yg efektif sedangkan d setiap komunitas dengan orang2 yang sama produk yg d jual jg sama..  Terimakasih

tips jualan saya 
1. bikin kolam nya
2. kumpulin ikan2 nya
3. kasi makan ikan2 tsb
4. klo kita butuh uang.. tinggal pancing ikan tsb 
ngertikan 
pertanyaan 5. Nares IIP Solo
Bagaimana mensiasati keterbatasan modal, kang? Apalagi dekat ramadhan, banyak tawaran bisnis nih --nares iip--

Saya dua tahun ini reseller segala macam, saya pernah baca buku mengenai membangun team penjualan. Kapan saat tepat bagi saya untuk bangun team penjualan?
==========

keterbatasan modal seperti tadi saya sampaikan bisa di siasati dengan menjadi reseller atau dropshipper.
untuk team, usahakan membangun nya sejak awal pertama kali kita terjun ke bisnis.. karna bisnis sendirian akan kwalahan seperti saya dlu,, alhamdulillah pelan2 team mulai terbangun dan akhirnya skrg sdh bisa di tinggal jalan2 ;)

6. Miyuki
Bagaimana cara mengoptimalisasi fb buat jualan? 
Baiknya jualan pake Facebook atw fans Page? 
==== 
untuk optimasi FB bisa di intip2 Facebook saya >> https://www.facebook.com/rhifay perhatikan mulai dari atas trs isi status nya dll ;)
saran saya klo mau jualan di fb silakan gunakan Fanpage yahh

-admin-

You May Also Like

0 komentar