Review NHW#1 dari Bunda Septi Peni Wulandani

by - 9:16:00 AM

Review NHW#1 oleh bu Septi 
Senin, 16 Mei 2016 pukul 16:56 wib

Berkata bu Septi;
"Pertama saya SALUUT untuk para bunda, yang berhasil mengalahkan "rasa" berat untuk mengerjakan nice homework ini. Kalau di Jawa ada pepatah keren yang mengatakan "ojo kalah karo wegah"
Artinya "jangan mau kalah dengan rasa malas"

Karena sebenarnya kalau urusan membuat checklist profesionalisme ini bukan MAMPU atahu TIDAK MAMPU, melainkan MAU atau TIDAK MAU.
Terbukti bunda bisa melakukannya di tengah kesibukan.
PR ini bukan untuk saya, tetapi justru untuk teman-teman agar lebih bisa memanage diri dari hari ke hari, dan sebagai bekal teman-teman untuk memasuki bulan Ramadhan. Saya berharap dengan checklist ini Ramadhan teman-teman tahun ini akan berbeda dengan Ramadhan tahun lalu.

Tolong dilihat kembali nice homework 1, coba cek:
1# Apakah kalimat-kalimat nya sudah spesifik? misal kalimat "akan mmengurangi aktivitasgadget selama di rumah" akan lebih baik anda ganti dengan "Menentukan gadget hours selama 2 jam sehari"

2# Apakah kalimat-kalimatnya sudah terukur? misal "menyelenggarakan aktivitas ngobrol di keluarga", akan lebih baik jika anda ganti "sehari minimal mengadakan 1 x family forum (ngobrol) di rumah bersama keluarga"

3# Apakah checlist yang anda tulis mudah dikerjakan dengan tambahan sedikit usaha? misal sehari akan memmbaca 2 buku tentang pendidikan, nah ukur diri kita apakah mungkin? karena selama ini sehari-harinya kita hanya bisa membaca 15 lembar buku parenting setiap harinya.

Sesuatu yang terlalu susah diraih itu akan membuat kita stress dan akhirnya tidak mengerjakan apa-apa, tetapi sesuatu yang sangat mudah diraih akan membuat kita menyepelekannya. Kembali ke istilah jawa "gayuk...gayuk tuna"
(contoh kasus, kita mau ambil buah mangga di pohon yang posisinya tidak terlalu tinggi, tetapi cukup berusaha dengan satu lompatan, mangga akan bisa teraih. Tidak juga terllau pendek, sambil jalan aja kita bisa memetik mangga tersebut. Biasanya jadi tidak menghargai hasil.

4# Apakah tantangan yang anda tulis di checklist ini merupakan permasalahan-permasalahan yang anda hadapi sehari-hari? misal anda adalah orang yang susah disiplin selama ini. maka sangat pas kalau di checklist anda tulis, akan berusaha tepat waktu di setiap mendatangi acara IIP. Jadi jelas memang akan menyelesaikan permasalahan yang ada selama ini.

5# Berikan batas waktu pada proses latihan ini di checklist. Misal akan membaca satu buku satu minggu selama bulan ramadhan. Akan belajar tepat waktu selama 3 bulan pertama mulai Juni-Agustus


Dari kelima hal tersebut di atas akan memudahkan kita pada proses evaluasi.
Oke itu tambahan dari saya, silakan dilihat kembali checklist anda masing-masing.
Kita akan mulai melihat seberapa bekerjanya checklist itu untuk perkembangan diri teman-teman. 
maka silakan di print out, dan ditempel di tempat yang anda lihat setiap hari

Ijinkan suami dan anak-anak memberikan penilaian sesuai dengan yang anda tentukan
andaikata tidak ada yang mau menilai, maka diri andalah yang paling berhak menilai perkembangan kita. Berusaha JUJUR kepada diri sendiri

Begitulah review dari bu Septi setelah memeriksa hasil NHW#1 teman-teman pada program Matrikulasi batch#1 ini.

Akhirnya aku kembali menatap nanar checklist indikator profesionalisme yang kubuat sendiri. Dan, menyimpulkan masih perlu disempurkan agar lebih memenuhi kaidah SMART.

Love,
Lina Ibune Azzam

You May Also Like

0 komentar