Self Sabotage

by - 8:01:00 PM





27 Juli 2018

Narasumber : Winda Lestari
Moderator : Feni


Perkenalan
 CV Teh Winda Lestari

1. Istri dari Pak Dindin Haerudin
2. Ibu dari 4 orang anak
3. Direktur Cv. Gunung Mas Engineering,  bergerak di bidang Manufactur spare part alat2 industri

=========== 
Materi


Materi ini mudah2 an bisa di serap ya,  

Mental Illness / Self Sabotage

Adalah sikap/ tindakan yang ada pada diri kita, yang tanpa kita sadari bisa menghambat tujuan kita atau goals2 kita,  khususnya dalam membangun usaha

Awal saya mendirikan perusahaan,  jujur tidak pernah di bekali ilmu bisnis sebelumnya,  hanya berdasarkan pengalaman pernah bekerja di sebuah perusahaan yang bidangnya sama seperti yg saya geluti sekarang

Apakah bidang ini passion saya?  

Apakah bidang ini sesuai hobby saya ?

Apakah bidang ini keahlian saya?

Latar belakang saya sekolah adalah di Akademi Sekretaris,  harapannya bisa jadi sekretaris,  dan kerja di gedung2 bertingkat di thamrin atau sudirman jakarta,  berasa kereen saat itu.. 😃

Saya lulus dengan predikat cumlaude dan sebelum ijasah keluar,  sdh di hire di PT Yamaha Mfg, Jakarta,  sebagai staff Cost Control

Tapi hari ini,  sy memimpin sebuah organisasi,  yaitu CV. Gunung Mas Engineering, dan bergerak di bidang Teknik Industri yang saya sama sekali tidak paham tentang teknik

Artinya, bisnis apapun itu,  bisa kita jalankan selama kita paham akan ilmunya. Kalau di IIBf materinya Business Mastery, 

Dan salah satu pembahasan Business Mastery adalah "Self Sabotage"

Dan saya mengalami up down, seperti naik roller coaster, dlaam menjalankan organisasi saya

Alhamdulillah Alloh menghantarkan ilmu ini kepada saya melalui komunitas IIBF..

Momy2 cantik tadi sdh di share ya apa saja mental illness itu?

Sampai sini saya menjawab pertanyaan dulukah?

Saya boleh donk, kenal sama teman2 disini,  smabil cerita kegiatannya apa,  sharing bisnisnya.. Lebih enak kita diskusi yaa

Karna saya bukan coach atau mentor.. Hihi.. Sy hanya sharing pengalaman aja..

==================== 
Tanya Jawab dan Tanggapan

❓Nama: Sugih
Pertanyaan:
Teh bisa diceritakan bagaimana cerita dan tips nya hingga sekarang menjadi seorang direktur? 
Makasih

😃😃 gampang maamm... 

Tinggal bikin badan usaha aja,  lalu tunjuk deh diri kita jadi direktur nya.. 😃😃

❓Nama : feni
Pertanyaan : bagaimana cara menyembuhkan mental illness itu teh winda ?

Cara menyembuhkan mental illness ya.. 

Menyadari dulu kalau diri kita pny sakit mental,  bisa di lihat dari macam2 mental illness yang sudah di share tadi,  posisi kita di tipe yang mana? 

Setelah kita sadar,  kita akui kekurangan kita tersebut,  lalu perbaiki dengan cara meningkatkan kualitas spiritual,  bahwa,.. Tidak ada daya dan upaya,  melainkan milik Alloh semata

Contoh,  pada saat usaha saya jatuh, dan menyisakan hutang 3.5M, .saat itu mental saya sakit, dengan jenis Drama Hook 😃

Saya merasa jadi orang paling menderita di dunia,  menyalah2 kan orang lain,  karna si dia,  si anu,  hingga usaha sy ada di kondisi seperti itu

Padahal ternyata saya lebih baik menunjuk kediri saya sendiri, menyadari bahwa saya yang salah,  saya yang bodoh,  sy yang kurang ilmu,  sehingga Alloh ijinkan hal itu terjadi

Tafakur,  riyadhoh,  semakin membuat jiwa lebih tenang.. Dan fokus kepada solusi pada akhirnya

Dulu saya juga sering bicara seperti ini,  

Kalau bukan karna saya,  ini gak akan bisa dpt nih order nya,  kalu bukan karna relasi saya,  perusahaan gak akan dpt nih projectnya

Nah yang kayak gini saya merasa jadi artis nih

Sama Alloh di tampar2 deh. 

Padahal yang benar adalah,  relasi kita,  order yg kita dapat,  kemudahan investor yang kita miliki,  adalah semata2 Alloh yang datangkan utk kita... 

Bukan karna kita yang hebat,  bukan karna kita yang pintar,  ..hiks

Maafkan aku ya Alloh.. Astagfirullahaladzim...

❓Nama : Juju
Pertanyaan : bisa tlg dijelaskan lbh detail ttg fundamental bisnis? Mksh sebelumnya 😊🙏🏼

Untuk pertanyaan teh Juju

fundamental bisnis itu lebih kepada teknik bisnis yang harus kita jalankan

Dan ini banyak sekali theory nya.. Mungkin next sesion akan lebih enak kopdar

❓Nama : Hevy 
Pertanyaan : Sejauh mana support suami terhadap bisnis yang teh winda jalani?
Apakah bisnis yang di jalani sesuai passion sendiri ataukah ada bisikan dari suami?

Alhamdulillah suami support saya 100%

Bisnis sy ini jelas2 dunia laki2, main di teknik,  yg sy ndak paham teknik,  tp posisi saya di operasional double job sebagai marketing nya juga

Hehe.. Kebayang donk sy harus nawarin produk yg saya juga gak paham bidangnya,  cuma pura2 paham aja sesuai yg pernah saya dengar.. 

Tapi lagi2 yang namanya markering sejati itu adlah,  bisa menjual barang apapun walau dgn sedikit bahan

Karna marketing adlah lebih kepada skill bagaimana berhubungan dengan manusia😃

Dan belakangan saya baru tahu,  bahwa Passion di bisnis itu adalah Free Cash yang banyak,  bukan bisnis yang sesuai hoby.. 

Alhamdulillah kalau bisa sesuai hoby,  dan free cash nya banyak..

🖐🏼Nahhh buat tahap punya free cash yg banyak ini hikss karna ketika ada free cash kebetulan ada sesuatu yg harus kita alokasikan free cash kebanyakan dr pihak ketiga ini teh
Jd belum betul apa gimana ya

Ini ada di Business Mastery yang Fundamental Bisnis teh Feni,  ke teknis ya..

Sedikit bocoran rule bisnis seperti ini

Asset menghasilkan sales,  sales menghasilkan profit,  profit menghasilkan cash

🖐🏼Saya penasaran proses bu Winda bangkit dari self sabotage, bagaimana proses yang dilalui sampai akhirnya bisa bangkit

Aku menyerah beib..
Ada fase dimana aku menyerahkan seluruh hidup dan matiku hanya padamu ya Alloh,  sudha di ambang batas yg aku sdh tidak bisa berpikir,  dan memilih berlelah lelah utk bermunajat

Dan Alloh buktikan,  bahwa di dunia ini tdk ada yang kekal,  susah gak akan susah terus,  senang gak akan senang terus

Pada akhirnya merasa bersyukur atas kesulitan2 yang datang bisa mendatangkan begitu banyak hikmah dan kenikmatan.. Dan itu nikmat yang paling nikmat..

❓Nama : Nurajizah
Pertanyaan : Pertama bikin bisnis ini apakah keinginan teh winda atau suami? Gimana awal mula pengen bisnis ini? Adakah halangan nya pas mulai bisnis ini? 
Maaf nanya nya borongan..

Gak ada keinginan bisnis sebenar nya,  semua mengalir begitu saja,  sampai akhirnya sy dan teman join bikin sama2

Suami saya masih bekerja di perusahaan di Surya Cipta smapai hari ini

Kalau di tanya kendala atau halangan,  baik pemula maupun yamg sdh puluhan tahun,  pasti akan ada terus , dan itu sebagai tanda bahwa perusahaan masih berdiri,  yang terpenting adalah kita meyelesaikan sampai tuntas masalah yang ada satu persatu,  dihadapi,  jgn di hindari,  sampai status nya DONE

❓Nama:fida
Pertanyaan: Kekuatan&keberanian membangun mental contoh realnya spt apa teh winda?

Menghadapi dan menyelesaikan masalah sampai DONE mam akhdan.. Dengan sendirinya karakter akan terbentuk mam..

🖐🏼Ada indikasi DONE nya kah teh

Bisnis itu hanya ada 4 pilar
1. Produksi
2. Keuangan 
3. Marketing 
4. SDM

Masalah hanya berkutat di situ aja,  di bidang apapun,  selesaikan sampai tuntas setiap masalah yang ada di sana,  dan hindari mental illness,  fokus solusi..

🖐🏼Super banget di jawaban teh winda ketika pasrah.... dan dari sini kita belajar memperbaiki diri kita dulu yang berimbas ke bisnis

Betul teh,  bisnis itu hanya permainan,  jd bisnis yang berantakan adalah aplikasi dari diri kita yang masih berantakan juga sebenarnya

============= 
Penutup

👩🏻‍💻Terimakasih ya teh Winda sudah berkenan berbagi dan mampir di IP karawang. 
Semoga semakin bersinar bisnisnya

👩🏻‍💼Sama2 teh Feni,  senang berada di sini,  sharing ilmu yg sdh di dapat,  semoga manfaat untuk semua.. Maafkan jika ada  kalimat yang kurang berkenan


You May Also Like

0 komentar