Kaulinan Sunda [Kulwhapp]

by - 4:57:00 AM



Resume kulwap kaulinan sunda

☘ PROFIL NARASUMBER

Miftah Faridh S.pd.I adalah seorang praktisi di sanggar seni budaya ECO bam bu cipaku.


Sanggar seni budaya ECO bambu cipaku adalah kawasan edukasi, seni dan budaya Sunda yang bisa diterima oleh semua lapisan masyarakat, dengan harapan masyarakat Bandung khususnya dan Jawa barat umumnya.


Semua lapisan masyarakat bisa menikmati sajian yang dikemas dan juga merupakan salah satu bentuk dukungan pada program pemerintah Kota Bandung dalam rangka mewujudkan Bandung tujuan kota wisata dunia.


Kegiatan edukasi di ECO bambu diantaranya : 

1. Edukasi Kaulinan urang lembur

2. edukasi angklung

3. edukasi produksi kriya bambu

4. Edukasi pencak silat

5.  Edukasi tari

6. Workshop

7. Dll

Kaulinan Tradisional sunda
Permainan Tradisional adalah permainan yang dimainkan oleh anak-anak jaman dulu. Permainan Tradisional dimainkan secara berkelompok dan tidak bisa dimainkan sendiri karena bertujuan menjunjung tinggi nilai kebersamaan.

 Sayangnya perkembangan jaman yang semakin pesat terlebih lagi dgn teknologi yg semakin berkembang membuat permainan tradisional semakin menghilang bahkan dilupakan.

 Permainan Tradisional merupakan simbolisasi dari pengetahuan turun temurun yg memiliki berbagai fungsi atau pesan, dimana pada prinsipnya permainan anak tetaplah merupakan permainan anak. Dengan demikian bentuk atau wujudnya tetap menyenangkan dan menggembirakan anak karena tujuannya sebagai media permainan.

 Aktivitas permainannya yang dapat mengembangkan aspek-aspek psikologi anak dapat dijadikan sarana belajar sebagai persiapan menuju dunia orang dewasa.

🥝Permainan Tradisional dapat dikategorikan dalam tiga golongan, yaitu:
1.Permainan untuk bermain (rekreatif),

 2.Permainan untuk bertanding (kompetitif) 

3.permainan yang bersifat edukatif (pendidikan). 

🍇Permainan yg bersifat rekreatif pada umumnya dilakukan untuk mengisi waktu luang, seperti : surser, cingciripit, endog-endogan, paciwit-ciwit lutung, dll.

🍇Permainan Tradisional yang bersifat Kompetitif biasanya terorganisir atau memiliki aturan-aturan khusus, diantaranya: egrang/jajangkungan, bakiak/tarumpah panjang, sumpit, galah asin/galah ulung/gobak sodor, dll.

🍇Permainan yang bersifat Edukatif biasanya mengandung unsur pendidikan didalamnya. Melalui permainan ini anak-anak diperkenalkan dgn berbagai macam keterampilan dan kecakapan yg nantinya akan mereka perlukan dalam menghadapi kehidupan sebagai warga masyarakat. 
Inilah salah satu bentuk pendidikan yang bersifat non formal didalam masyarakat. Adapun permainan yang bersifat edukatif adalah congklak/dakon, loncat tinggi, perepet jengkol, encrak, beklen/bola bekel, dll.

Pertanyaan pertama

1. Nama: Aisyah Nurfaidah
Dari: umum
Pertanyaan: Bagaimana mengenalkan permainan tradisional kepada anak sendiri dengan kisaran umur 3,5 tahun?
Jawab :
Terima kasih, yg pertama harus dilakukan oleh org tua khususnya ibu adalah menemani anak bermain dan jgn biarkan anak bermain sendiri berikan bimbingan kpd anak agar anak merasa selalu diberikan kasih sayang dan perhatian, berikan permainan" yg berupa kakawihan/lalaguan sperti endog-endogan,  ucang angge, dll., yg bisa merangsang motorik anak.

2⃣
Nama : Dian 
Dari : member 
Tanya : Pak adakah kendala ketika memperkenalkan permainan tradisional ke masyarakat dan anak-anak jaman sekarang ini?
Jawab :
Terima kasih, setiap pekerjaan atau segala sesuatu pasti selalu ada kendalanya begitu juga dgn memperkenalkan permainan tradisional kpd masyarakat terlebih lagi saat ini permainan" modern/games sdh menjamur dan sangat mudah utk didapatkan sehingga membutuhkan tenaga ekstra utk memperkenalkan permainan tradisional ini, terlebih lagi anak" yg tdk bisa dipisahkan dari gadget maka bimbingan org tua sangat dibutuhkan dlm hal ini agar tdk ketergantungan pd gadget/teknologi baru, permainan tradisional tdk antipati terhadap permainan modern akan tetapi sebagai penyeimbang agar anak juga mengetahui budaya leluhurnya.

Silahkan Pak

3⃣
Nama: Rini
Dari: member
Pertanyaan: 
Dalam materi ada kata aktivitas permainannya dapat mengembangkan aspek psikologi anak yang dapat dijadikan sarana belajar anak sebagai persiapan menuju dunia org dewasa

Bisa tlong berikan contoh aspek psikologi sperti apa dalam permainan apa ?

Terimakasih
Jawab:
Terima kasih, dalam setiap aktivitas permainan tradisional sebenarnya hampir semua mengandung aspek psikologi betapa tidak ketika bermain anak" dituntut/diajarkan untuk bekerja sama, saling menghargai, saling menghormati diantara sesamanya bagaimana dia belajar tri tangtu Silih ASAH, silih ASIH, silih ASUH yg akan berdampak pada psikologi mereka.

1. silih ASAH, sikap saling mengingatkan ketika melakukan kesalahan agar anak berfikir lebih dewasa/belajar mengasah pemikiran mereka baik ide, gagasan ataupun kritikan.

2. silih ASIH, sikap saling menyayangi dan mencintai diantara sesamanya agar terjalin kehidupan aman, damai dan harmonis.

3. silih ASUH, sikap saling menghormati, menghargai diantara sesamanya, kasaluhureun kedah hormat, kasasama kedah silih hargaan, kasahandapeun kedah nyaah.

Sebagai contoh permainan Paciwit-ciwit Lutung yg mengajarkan empati, 
PACIWIT-CIWIT LUTUNG
SI LUTUNG PINDAH KA TUNG-TUNG

PACIWIT-CIWIT LUTUNG
SI LUTUNG PINDAH KA LUHUR

permainan ini mengajarkan anak utk berempati, makna PACIWIT-CIWIT pada lagu ini adalah saling mencubit artinya jg perbah mencubit orang lain karena dicubit itu sakit rasanya, jgn pernah menyakiti org lain sebab disakiti itu gak enak rasanya, dll., kemudian makna LUTUNG atau monyet hitam, lutung itu lambang dari keserakahan/ketamakan ketika diberikan makanan tangan kanan, kirinya memegang makanan begitupun dgn kaki kanan dan kirinya, kemudian mulutnya pun penuh dgn makanan pula tanpa peduli teehadap yg lainnya, kemudian lutung itu  berwarna hitam, artinya hati kita jgn hitam seperti lutung, ulah sirik, pidik, jail kaniaya ka batur, hargai, hormati dan sayangi orang lain.

4⃣
Nama : Novianti
Dari : member
Pertanyaan :

Pak bagaimana korelasi permainan tradisional terhadap pengasuhan anak ?
Jawaban No. 4⃣

Terima kasih, sangat erat hubungannya antara permainan tradisional dgn pola pengasuhan anak sebab yg pertama harus dilakukan oleh org tua khususnya ibu adalah menemani anak bermain dan jgn biarkan anak bermain sendiri berikan bimbingan kpd anak agar anak merasa selalu diberikan kasih sayang dan perhatian, berikan permainan" yg berupa kakawihan/lalaguan seperti endog-endogan,  ucang angge, sur ser, cing ciripit dll., yg bisa merangsang motorik anak.
[11/4 07:36] Miftah Faridh Al Qordhoni: Anak yg dibimbing langsung oleh orang tuanya akan berbeda tingkah lakunya bila dibandingkan dgn pengasuhan orang lain atau bahkan tanpa ada bimbingan dari orang tuanya, peran orang tua akan menjadi penentu keberhasilan anak dikemudian hari.

5⃣
Nama : Aina
Dari : Umum
Pertanyaan :
Permainan tradisional seperti apa yg melatih keterampilan dan kecapakan sebagai bekal anak menuju kehidupan masyarakat ?

Jawaban No. 5⃣

Terima kasih, diantara sekian banyak permainan yg dapat melatih keterampilan dan kecakapan juga dapat mengembangkan kecerdasan anak adalah permainan Sunda Mandah/Sondah/Engklek. Permainan ini memiliki kecerdasan majemuk/multiple inteligensis diantaranya:

1. Kecerdasan Kinestetik.

Permainan sondah terdapat banyak gerakan", dgn kata lain dgn melakukan permainan ini anak" telah melakukan olah raga, menjaga keseimbangan tubuh, juga mengemvangkan keterampilan dlm pertumbuhan anak.

2. Kecerdasan Interpersonal (sosial).

Pada permainan ini anak dapat mempelajari berkompetisi, berkomunikasi bahkan berempati. Halbini dapat meningkatkan kecerdasan Interpersonal anak utk bersosialisasi dgn orang" sekitar.

3. Kecerdasan Intrapersonal.

Pada permainan ini anak" dituntut utk melatih kesabaran, mengendalikan diri, melatih kesabaran dan konsentrasi. Dengan begitu anak dapat mengukur kemampuan dirinya dlm menghadapi masalah.

4. Kecerdasan Naturalis (alami)

Permainan Sondah biasanya dimainkan di tempat terbuka. Hal ini dapat meningkatkan kecerdasan naturalis karena mereka dapat mengenal bentuk" alam sekitarnya, merasakan keindahan alam sekaligus meyakini adanya Sang Pencipta yaitu Alloh SWT Tuhan Pencipta Alam Semesta.6⃣
Nama : Arra
Dari : Umum
Pertanyaan :
Pak, anak saya umur 7thn dan seringnya bermain gadget, bagaimana cara/langkah2 kita sbagai ortua mengajak kaulinan tradisional supaya meminimalisir kecanduan gadget?
Jawaban pertanyaan ini sebetulnya hampir sama dgn jawaban nmr 1 Mangga boleh disimak lagi
Jawaban No.  6⃣

Terima kasih, setiap pekerjaan atau segala sesuatu pasti selalu ada kendalanya begitu juga dgn memperkenalkan permainan tradisional kpd masyarakat terlebih lagi saat ini permainan" modern/games sdh menjamur dan sangat mudah utk didapatkan sehingga membutuhkan tenaga ekstra utk memperkenalkan permainan tradisional ini, terlebih lagi anak" yg tdk bisa dipisahkan dari gadget maka bimbingan org tua sangat dibutuhkan dlm hal ini agar tdk ketergantungan pd gadget/teknologi baru, permainan tradisional tdk antipati terhadap permainan modern akan tetapi sebagai penyeimbang agar anak juga mengetahui budaya leluhurnya. Yang harus dilakukan orang tua adalah menemani anak bermain, beri pengertian kpd anak bahaya gadget utk kesehatan bahkan mengganggu kecerdasan, ajak anak bermain permainan yg mudah dan menyenangkan agar anak tertarik dgn permainan itu, biasanya anak lebih suka permainan yg berupa lagu/kawih, seperti endog"an, paciwit-ciwit lutung, surser, cingciripit, dll.

7⃣
Nama : Aqilla
Dari : umum
Pertanyaan :
Apa manfaat memainkan permainan jaman dulu untuk anak dan orang tua ?
Jawaban No. 7⃣

Terima kasih, permainan tradisional bukan hanya sekedar bermain akan tetapi banyak sekali manfaatnya, mulai dari belajar bekerja sama karena permainan tradisional tdk bisa dimainkan sendiri, saling menghargai, saling menghormati juga meningkatkan konsentrasi dan mengembangkan kecerdasan anak bahkan untuk kesehatan.Dari jawaban" diatas sdh disampaikan beberapa manfaat dari permainan tradisional

8⃣
Nama: Muly
Dari: member
Pertanyaan: Assalamualaikum
Salam kenal pak miftah terima kasih pak sudah meluangkan waktu untuk berbagi ilmu bersama kami,,
Pak ada yang ingin saya tanyakan tentang kaulinan sunda,,menurut suduy pandang bapak melihat perkembangan zaman apakah anak2 zaman sekarang masih ada yang tertarik dengan permainan ini dan adakah generasi yang mau melestsrikannya pak?terima kasih,,
Alaikumussalam, salam kenal kembali Bu Muly....alhamdulillah saat ini saya masih konsern terhadap permaianan tradisional terlepas apakah ada yg tertarik atau tidak, tapi yg saat ini saya rasakan justru yg tertarik bermain permainan tradisional itu anak" mulai dari PAUD, TK, anak SD bahkan masyarakat umumpun mereka tertarik dgn permainan tradisional. 

Alhamdulillah saat ini sdh banyak Guru, orang tua bahkan masyarakat umum yg sdh mulai melakukan kegiatan permainan tradisional baik di sekolah maupun di rmhnya masing".

Rasa syukur yg tak terhingga saya panjatkan kehadirat Alloh swt Tuhan seru sekalian yg telah mempertemukan kita saat ini, terima kasih saya ucapkan kepada Ibu @⁨Iip Rini yusuf⁩ , Ibu @⁨Bu Sugiharti - Iip Krw (Kgv)⁩ beserta seluruh anggota grup ini semoga apa yg kita diskusikan pada haribini bermanfaat bagi kita terlebih bagi saya Miftah Faridh yg fakir ilmu. Mohon maaf apabila terdapat bahasa atau kesalahan dlm penulisan itu semua karena kebodohan saya. Semoga Alloh swt selalu membimbing kita dlm setiap langkah. 
Walloohu A'lam bimuroodih.....hatur nuhun


You May Also Like

0 komentar