KULWHAPP : HARI PERTAMA SEKOLAH

by - 9:24:00 PM


Resume kuliah whatsapp IIP Karawang
Jumat, 14 Juli 2017 
Pukul 20.00-21.30

" Hari pertama ku Sekolah!" 

Narasumber :
Pramudita Tungga Dewi, M.Psi, Psi 
Aktifitas narasumber : 
- Psikolog SMP Al Azhar Yogyakarta
- Narasumber Ngobrol Online dengan Sebangsa dgn tema "Mengajari Anak Berpuasa"
- Narasumber Tabloid Mom n Kiddie artikel "Rasisme pada Anak"
- Narasumber Tabloid Mom n Kiddie artikel "Anak Laki-laki Suka Warna Pink"
- Narasumber Tabloid Mom n Kiddie artikel "Kembalikan Semangat Sekolah Setelah Libur Panjang"
- Narasumber seminar "Perilaku Seksual Beresiko pada Remaja" di SMP Al Azhar Yogyakarta

Peresume : Gian 

Pengantar :  

Merupakan tantangan tersendiri bagi orangtua saat buah hatinya masuk sekolah untuk pertama kali. Banyak ketakutan dan kecemasan mengenai bagaimana putra/putrinya mampu menghadapi hari pertama sekolah dengan baik dan lancar.

Biasanya anak-anak takut masuk sekolah utk pertama kalinya karena mereka harus menghadapi situasi baru yg blm pernah dialami sebelumnya, serta dituntut untuk melakukan proses penyesuaian diri, yg tentunya bukan hal mudah untuk dilakukan anak-anak. Saat masuk sekolah anak-anak harus menyesuaikan diri, baik dari sikap, rutinitas, dan kegiatan-kegiatan sekolah lainnya. Sedangkan sifat dasar anak-anak adalah ingin bermain dan mengeksplorasi semua keingintahuannya secara bebas. 


Saat di rumah, anak terbebas dari segala rutinitasnya, dan dirinya memiliki waktu yang cukup panjang untuk melakukan apapun yang mereka inginkan. Kemudian ketika anak-anak harus menghadapi bahwa dirinya akan segera masuk sekolah, anak-anak akan merasa kehilangan zona nyamannya. Ditambah lagi bila anak-anak memiliki persepsi negatif terhadap sekolah sehingga hal tersebut membuat anak-anak menjadi takut untuk sekolah.Peran orangtua sangat besar agar anak dapat melewati hari pertama sekolahnya dengan lancar😊

Tanya - jawab 

1. setelah baru lulus TK, saya kuatir anak masih terbawa dunia TK nya mba dit,bagaimana tanggapannya?

J : Semuanya butuh proses dan penyesuaian dan itu butuh waktu, semua anak kebanyakan akan "jet lag", tapi itu wajar. sambil dijelaskan ke putra/putrinya tentang perbedaan sekolah di tk dan sd. Pastinya disiplin dan tanggung jawabnya lebih. Kita sebagai orang tua turut mendampingi dan mensupport dengan semangat.

2. bagaimana mengatasi rasa was-was kehilangan ketika anak mulai bersekolah,di rumah sepi lihat makanan,barang dan kamarnya kosong, jadi merasa sedih.
J : Pasti merasa kehilangan ya, tapi yakinlah keputusan itu yg terbaik untuk anak. Semoga jd anak yg lebih taat, disiplin dan bertnggung jawab ❤
Sampaikan dgn cara yg menyenangkan. ceritakan hal2 positif tentang sekolah di SD (teman baru, tambah teman, belajar hal2 baru). Sampaikan jg ke anak bahwa kalau anak naik tingkatan sekolah berarti sudah tambah besar. Hal ini akan membuat anak menjadi bangga krn sudah naik tingkatan sekolah.

3. anak pertama baru masuk tk,usia 5th kurang sebulan. tapi blm juga masuk sudah deg2an dari kmrin. mungkin gara2 bnyak ktakutan ya bu dita?
J : Iya mba, jgn lupa apa yg kita rasakan biasanya nular ke anak. kalau ibunya cemas biasanya anaknya jg akan cemas. yg dibutuhkan skrng yakin bahwa semua akan terlewati, nnti lama2 anak akan terbiasa dan lancar sekolahnya. Jd akan lebih baik kalo kita tularkan energi positif ke anak kita lebih semangat dan happy masuk sekolah pertama kali 😊

4. Usia anak 4,5 thn mau masuk PAUD
Nanti masuk SD 6,5 thn. Apa itu usia yg pas bu???
J : Sudah pas mba. di usia tersebut anak sudah lebih pantas utk dilatih kedisiplinannya dgn berbagai rutinitas sekolah, kalau terlalu dini jg anak2 masih butuh dekat dgn figur lekatnya (ortu & keluarga)..

4.Ketika anak pertama masuk sklh dihari pertama saya lgsg membiarkanya dikelas tdk didampingi sprti bbrpa tmnya
Apakah itu suatu perlakuan yg benar atau salah? Senin ini anak kedua baru mau masuk TK,mau saya lakukan hal yg sama.
J : Tidak papa mba.. setiap anak tentunya punya proses yg berbeda2, apalagi dalam hal penyesuaian diri. persiapan sekolah masing2 anak jg pasti berbeda2. mungkin sblmnya mba sudah menceritakan berbagai hal positif mengenai sekolah membiasakan anak dgn rutinitas yg akan didapatkan saat sekolah sehingga putra mba lebih siap utk tidak didampingi. Dan itu tentunya poin yg baik sekali ❤

5. menurut psikolog apakah perlu atau tidak bapak dan ibu mengantr anak skola dihari pertama sekolah? Karena saat saya kecil tidak ada diantar oleh orang tua skolah, Kecuali ambil rapor.

J : Sesungguhnya ortu mengantar anak ke sekolah pertama kali adalah salah satu bentuk support dan perhatian kod anak. Anak akan merasa lebih aman dan PD saat akan memasuki situasi dan lingkungan baru krn hadir dengan figur lekatnya.. jd mengantar anak sekolah sepertinya akan lebih memberi efek yg positif bagi anak.


6. Seberapa pentingkah hari pertama masuk sekolah?  Karena anak saya selalu telat masuknya.

J : Hari pertama sekolah merupakan hal yg cukup penting bagi anak. Hari pertama bisa diibaratkan pondasi bagi anak tentang bagaimana persepsinya terhadap sekolah di kemudian hari. Apabila anak kita dapat melewati hari pertama yg menyenangkan dan tanpa hambatan berarti yg membekas baginya maka sekolah akan dianggap hal yg menyenangkan pula baginya, begitupun sebaliknya.


7. Moment prtama masuk sekolah pasti identik dengan semua barang baru, wajarkah kalau kita memanjakan anak dengan membelikan sepatu baru, tas baru, dsb mbak?

J : Hal tersebut adalah hal yg wajar. Hal tersebut dapat menjadi penyemangat tersendiri bagi anak. Anak akan jd lebih excited utk menyambut hari pertama sekolah dan menggunakan perlengkapan baru sekolahnya ❤


8. Anak saya siswi baru di PAUD insyaAlloh senin besok. Malah saya yg degdegan ya. Apa kiatnya agar hari pertama masuk sekolah berjalan dengan happy?

J : Persiapkan jauh2 hari untuk masuk sekolah agar lancar menghadapi hari pertama sekolahnya :

Ceritakan hal2 positif dan menyenangkan yg akan ditemui di sekolah (banyak teman, tempat bermain, belajar & tahu hal2 baru, dsb)

Latih untuk disiplin dalam menjalani rutinitas sekolah seperti bangun pagi, sarapan, menyiapkan buku & alat tulis agar anak terbiasa dan tidak kaget dengan rutinitas barunya saat sekolah nanti.

Ajak anak beberapa kali mengunjungi sekolah dan kenalkan dgn lingkungan sekolah agar anak merasa aman ketika pertama kali masuk sekolah krn sudah pernah mengeksplore tempat tersebut.

Ajak anak utk membeli dan memilih alat2 tulis dan perlengkapan sekolahnya agar lebih excited/bersemangat utk segera menggunakannya saat sekolah.

Tunjukkan semangat, aura positif ortu, dan ortu sebaiknya menghindari cemas berlebihan dlm menyambut hari anak akan sekolah. Karena apa yg dirasakan ortu pasti menular ke anak.

Ajarkan keterampilan2 baru kpd anak misalnya: menghadapi anak yg kurang ramah, berkenalan dgn teman baru, hormat kpd guru, dsb agar anak lebih terampil dlm menghadapi situasi baru.


9. Anak sya thun ini awal masuk di TPA (pikir sya sambil adaptasi sblm playgrup) usia 2th 9bln, insyalloh tepat 3th nnti masuk di playgrup nya yg selokasi sm TPA nya itu. Sudah jalan 1 mnggu selalu mnta ditunggui karena nangis terus, dan anak kondisi saat mau berangkat sekolah seperti trauma.nangis terus. apalagi saat detik2 mau ditinggal dan nangisnya lama. Bagaimana ya? Apa mungkin usia segitu msh terlalu dini? Yg parah dan membuat saya cemas, takutnya dia tertekan, sampai mengigau pas tidur cari ayah bundanya dan teriak2 ajak pulang. Tapi anehnya ketika saya jemput dari TPA untuk diajak pulang, dia berat untuk pulang karena asik bermain dgn tmnnya. Menurut anda sebetulnya dia nyaman atau tidak dengan lingkunganya ini?

J : Sebenarnya utk masuk playgroup tidak terlalu dini juga. namun kembali ke masing2 anak mba. kalau sampai nangis lama begitu coba digali dulu mba penyebabnya, mungkin ada yg putri mba takutkan atau membuatnua kurang nyaman. 
Ada baiknya sebelum masuk sekolah, ortu bicarakan kepada anak hal2 apa yg akan terjadi di sekolah sehingga anak sedikit banyak memiliki gambaran tentang sekolah. Termasuk anak tidak boleh selalu ditemani oleh ortu, tidak hanya dirinya namun semua teman2nya jg sama. Kemudian di awal2, sambil melatih keberanian anak, ortu dan anak membuat kesepakatan bahwa ortu akan menemani namun lama2 jam menemaninya semakin dikurangi (dari seharian, setengah hari, 1 jam, dst). Jangan lupa agar anak lebih bersemangat, ortu boleh menjanjikan reward sederhana seperti main ke taman bermain atau dibuatkan makanan yg anak suka.
Beri pengertian bahwa ortu tidak akan meninggalkan anak sendiri, nanti akan segera bertemu setelah sekolah selesai. Sebaiknya waktu ortu akan pamit pulang ucapkan hal yg lebih positif seperti "nanti segera ketemu ibu lagi yaa setelah sekolah" daripada "ibu tinggal dulu ya" tujuannya agar anak tidak merasa ditinggalkan. Kemudian sebaiknya tidak menyelinap diam2 meninggalkan anak, karena ketika anak tau, anak akan merasa dibohongi dan lebih insecure/was2 akan ditinggal utk kedepannya. Lebih baik semuanya dikomunikasikan dan disepakati bersama.


10.  Anak saya syafiq 8y. Naik kelas 3. Sudah tidak mau sekolah. Maunya hs. Tapi saya belum siap. Bagaimana memberikan penjelasan yang logis, takutnya hanya keputusan sementara dia


Pertanyaan serupa : 

Hampir sama dgn anak sy. naik kelas 3 jg skrg. setelah di telusuri ada situasi dalam kelas yg tdk nyaman dihati misal teman2 nya.cuaca dalam kelas krn kebetulan panas blm pakai Ac dan kekosongan kelas kadang menjadikan anak males.alhamdulillaah setelah dinasehati jd kembali normal.terutama di pertemanan 😊


J : sudah digali mba kenapa tidak mau sekolah? jawabnya bagaimana mba?

anak tidak mau sekolah pasti ada penyebabnya. sebaiknya kita gali dahulu apa penyebab anak tidak mau sekolah tersebut. tentunya perlu pembiasaan agar anak dapat menceritakan apa saja yg dialaminya. Oleh karena itu komukasi antar ortu dan anak sangat penting sehingga anak dapat terbuka dengan apapun yang sedang ia alami.


11. Bagaimana mengatasi anak yg kesulitan bersiap di pagi hari untuk sekolah? Makin kita buru2, malah makin ga mau.Tapi saat sudah sampai sekolah dia bisa enjoy saja.

J : mungkin anak merasa kurang enjoy dengan aktivitas bersiap di pagi hari itu mba. apalagi diburu2, coba dibuat situasi yang menyenangkan, misal bersiap-siap sambil menyetel musik kesukaannya. atau kita buat permainan agar anak semangat siap2 sekolah. tetapkan target anak dapat selesai bersiap2 pada jam yg ditentukan, kalau berhasil nanti dapat sticker bintang, kalau stickernya sudah mencapai jumlah tertentu akan dapat reward, misal: makan di tempat favoritnya dsb. sehingga anak lebih semangat utk bersiap sekolah.


12. Anak sy sekarang usia nya 3,8 th.saya daftarkan ke paud, tapi tadi hari pertama tidak mau msuk kelas. akhirnya saya ikut masuk. apakah masih terlalu kecil y mba untuk k paud?

J :  untuk usianya sebenarnya tidak apa apa mba. Hanya butuh proses saja. anak butuh penyesuaian dan itu pastinya juga membutuhkan waktu, pastikan kita support anak dan tanamkan perspektif positif mengenai sekolah kpd anak.. mungkin bisa didampingi secara bertahap (dari seharian, setengah hari, 1 jam, dst) dan jgn lupa komunikasikan hal tersebut kpd anak.


13.  Bu dita, mungkin tidak kalau anak yg sudah semangat sekolah, sudah siap, sudah tau juga nanti ngapain aja di sekolah, terus tiba2 pas hari H ga mau.  kira2 kita harus gmn ya Bu Dita? Thanks 🙏
J : hal ini mungkin saja terjadi, karena mungkin yang dibayangkan anak mengenai sekolah berbeda dengan yg ia lihat sebenarnya. sehingga tidak ada salahnya sebelum sekolah ortu dan anak bermain peran mengenai sekolah, ortu jg dapat mengajak anak ke sekolah langsung utk orientasi. sehingga anak tidak hanya membayangkan tapi jg berlatih utk menghadapi situasi nyata namun kalau masih tidak mau kita harus tau dulu penyebabnya apa, kemudian bersama2 mencari solusi utk hal yg membuatnya tidak nyaman di sekolah tersebut, selanjutnya melatih anak di rumah utk menjalankan solusi tsb sehingga anak lebih siap masuk sekolah, dan jangan lupa yankinkan kepada anak bahwa apapun yg terjadi ada ortu yang mendampingi dan support anak.


15. Anak kedua saya umur 2tahun.
Tiap hari merengek trs ingin sekolah. Saya harus bagaimana? Pasahal di PAUD dekat rumah tidak ada fasilitas untuk anak umur 2th.

sekarang kakaknya msh ada karena belum masuk sekolah. bagaimana jika besok kakaknya sudah masuk sekolah?

J : anak2 memang sangat mudah meniru segala sesuatu yg dilakukan oleh orang dan lingkungan terdekatnya, termasuk ingin masuk sekolah sebelum waktunya. mungkin mba bisa menjelaskan ke putri mba bahwa dirinya juga akan sekolah tapi nanti. kalau masih blm bisa diberi penjelasan dan tidak ada sekolah yg memadai, mba bisa ajak putri mba bermain peran sekolah2an, memakai seragam, membawa alat tulis, belajar, dsb., tentunya ibu jg butuh tenaga ekstra utk mengajak putrinya bermain. sesungguhnya hal ini adalah hal yg positif jg, putri mba memiliki perspektif yang baik mengenai sekolah, jangan sampai karena kita tidak bisa memfasilitasi keinginannya tsb, pespektifnya terhadap sekolah menjadi berubah.

You May Also Like

0 komentar