DISWHAPP STRETCH MARK MAINTENANCE

by - 7:44:00 PM




By : Utami Dewi
Professional Muslimah Aesthetician


Resume diswhaps rabu “cantik dan sehat” 

Narsum : Utami Dewi 
Moderator : Dwi Hastuti 
Tanggal : Rabu, 25 Oktober 2017
Waktu : 09.00 s/d 10.00


MATERI


Stretch mark seringkali disamakan dengan selullit. Namun sebetulnya, ini adalah dua kondisi masalah kulit yang berbeda. Dimanakah letak perbedaannya? Mari kita simak bersama-sama.

Selullit adalah kondisi sulit dengan lemak terperangkap sehingga menimbulkan gumpala-gumpalan kecil yang terlihat seperti kulit jeruk. Hampir 95% wanita dewasa mengalami selulit pada masa kehidupannya. Selulit jarang ditemui dikaum pria.

Stretch mark adalah guratan yang sering nampak pada kulit bagian tubuh dengan letak lemak terkonsentrasi.

Stretch mark timbul pada tempat yang khas, seperti :
- Payudara
- Perut atas
- Lengan atas
- Pantat/bikini line
- Paha.

Guratan yang mulanya berwarna merah, merah muda, atau ungu ini lama kelamaan akan berubah menjadi warna putih atau kelabu, tergantung pada warna kulit.

Sekitar 90% wanita memilikinya, terutama di trimester kehamilan terakhir.

Proses Timbulnya Stretch Mark pada Kulit

Stretch mark umumnya terjadi karena tubuh Anda berkembang lebih cepat dari perkembangan dan elastisitas kulit.

Ketika kulit meregang dengan cepat akibat anggota tubuh mengembang atau pertambahan berat badan, lapisan tengah kulit (dermis) akan menipis sehingga lapisan di bawahnya muncul ke permukaan. Kondisi inilah yang disebut stretch mark.

Faktor Penyebab Timbulnya Stretch Mark

Stretch mark ini hanya dialami orang yang kulitnya mengandung sedikit kolagen atau protein (yang membuat kulit lentur).

Stretch mark paling sering terjadi pada masa kehamilan dan setelah berat badan meningkat secara drastis. Di waktu lain, stretch mark sering terbentuk pada masa pubertas, yaitu saat tubuh bertumbuh dengan cepat, memiliki riwayat keluarga yang memiliki stretch mark, konsumsi obat-obatan kortikosteroid yang tidak tepat.

Kortikosteroid umumnya digunakan dalam bentuk krim untuk menangani kondisi kulit tertentu seperti eksim. Bahan ini berdampak sama seperti hormon kortisol.

Tindakan Medis yang Dapat Mengurangi Tampilan Stretch Mark

Laser adalah salah satu tindakan yang dapat dijadikan alternatif pada kondisi kulit dengan stretch mark. Energi dari sinar laser diserap pembuluh darah di bawah lapisan stretch mark sehingga berubah warna menjadi putih atau menjadi lebih tidak terlihat. Meski begitu, terapi ini tidak dapat menghilangkan stretch mark sepenuhnya, melainkan hanya membuatnya lebih tidak tampak.
Namun anda perlu berkonsultasi dengan Medical Aesthetician atau dokter kecantikan sebelum melakukan treatment ini.

Proses lain adalah dengan mikrodermabrasi, yaitu perawatan dengan pengaplikasian kristal untuk membersihkan permukaan kulit. Perawatan ini biasanya digunakan dalam perawatan stretch mark yang sudah lebih lama terbentuk.

Operasi kecantikan, prosedur ini dijalankan dengan menghilangkan kelebihan lemak dan kulit pada perut atas, serta pada bagian bawah pantat. Namun langkah ini berbiaya mahal dan jarang direkomendasikan.

Apakah Stretch Mark Dapat Dihilangkan?

Cream, lotion, dan gel yang mengklaim dapat menghilangkan stretch mark, sebaiknya dioleskan saat stretch mark masih berwarna kemerahan. Jika tidak, losion ini tidak berpengaruh apa pun dan sama saja dengan membiarkan stretch markhilang dengan sendirinya. 

Ada bahan alami yang selain dapat mencerahkan kulit secara alami juga dapat mengurangi tampilan stretch mark yaitu wheat plumule oil. Mengkonsumsi wheat plumule oil secara rutin dapat membantu mengurasi tampilan stretch mark lebih cepat daripada menggunakan produk oles (topical).

Tips Terhindar dari Stretch Mark

1. Menjaga berat badan tetap ideal
2. Tidak diet secara berlebihan hingga BB turun secara drastis tanpa perawatan kulit yang intensif
3. Melakukan pola makan yang sehat
4. Mengkomsumsi vitamin yang dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak collagen.
5. Rutin berolah raga
6. Menjaga kelembaban kulit tubuh terutama di area yang mudah timbul stretch mark.

Sekian penjelasan mengenai STRETCH MARK MAINTENANCE. 
Semoga bermanfaat.

Notes :
**Materi ini dirangkum dari berbagai jurnal kecantikan juga buku teori estetika dasar.

Utami Dewi,
Professional Muslimah Aesthetician


DISKUSI
 


Pertanyaan 1

Nama: Setianingsih
Pertanyaan :
 

ngilangin bekas stractmark diperut krn melahirkan gmana crnya? 

Jawab :
Salam kenal teh setianingsih. Apabila stretch mark sudah lama timbulnya, maka perlu tindakan khusus seperti mikrodermabrasi (hanya bisa dilakukan oleh ahlinya (med-aesthetician) di klinik kecantikan. Namun memang biayanya cukup mahal. Saran saya, jika stretch mark nya sudah lama, dibantu konsumsi wheat plumule oil saja. InsyaAllah ini tidak berbahaya untuk bumil, busui atau yang promil sekalipun. Kemudian, utk maintenance nya bisa dengan mengoleskan stretch mark cream (terutama di area lain yang berpotensi timbul stretch mark, seperti yang sudah saya sebutkan pada pada materi diatas).

Nah, selain itu olah raga juga sangat penting dalam upaya mengatasi stretch mark ini. Pilih yang terkonsentrasi pada perut seperti BL atau bisa juga pilates yang didampingi instruktur tersertifikasi.
Semoga jawabannya bisa membantu 😘
Jazaakillah khoiron,
Utami Dewi 


Pertanyaan 2

Nama: Resti
Pertanyaan :

Sya udah ada strecmartnya...
Gmn ada cra memudarkan nya, sy bagian paha...
Brt badan sy 54kg..
Tinggi 168cm...

Jawab :
Hai teh Resti, salam kenal yaa. Untuk stretch mark area paha, sebetulnya lebih mudah diatasi daripada di bagian perut atau pantat (bikini line). Kembali ke prinsip yang telah di sampaikan pada materi. Cream/lotion/gel anti stretch mark bisa berfungsi pada kondisi awal (saat masih berwarna merah/hitam). Apabila sudah lama, perlu tindakan laser, mikrodermabrasi, dll. Bisa juga dengan mengoleskan getah kentang pada area stretch mark. Ini pun hanya akan membantu penampakan nya berkurang saja, tidak bisa sepenuhnya hilang.

Olah raga yang terpusat pada otot kaki bisa juga membantu. Misal nya renang, zumba, salsa..

Semoga jawabannya bisa membantu..
Jazaakillah khoiron,
Utami Dewi


Pertanyaan 3

Nama : Dwi
Perttanyaan : 

Apakah stretch mark yg sdh lama setelah melahirkan msh bs hilang,misalnya jangka waktu 2 th an?

Jawab : 
Teh dwi, salam kenal ya. Tidak perlu khawatir. Walaupun stretch mark yang sudah lama timbul tidak sepenuhnya bisa hilang, namun sangat bisaaaa diminimalisir penampakan nya. Untuk yang sudah lama, ada beberapa pilihan. 
- melakukan perawatan dengan laser, mikrodermabrasi atau tindakan lain yang direkomendasikan dokter estetika (perdalam juga side effect dari tindakan ini, karena tidak ada tindakan estetika yang 100% aman)
- mengkonsumsi wheat plumule oil secara rutin untuk membantu mengurangi tampilan stretch mark dari dalam (efeknya dapat mencerahkan kulit juga)
- mengoleskan stretch mark cream/lotion/gel sebagai preventif maintenance, agar stretch mark tidak bertambah pada area lain.
- jangan malas olah raga
- konsumsi produk yang dapat mengaktifkan collagen alami tubuh (seperti buah mangga, kiwi, dll)

Semoga jawaban ini bisa membantu menjawab keresahannya. Yuk, semangat perawatan.

Jazaakillah khoiron,
Utami Dewi


Pertanyaan 4

Nama : Achie
Pertanyaan :

Teh tami.,tadi dalam materi disebutkan ttg konsumsi vitamin.
Nah.,jenis vitamin seperti apa yg dimaksud disini yg baik qt konsumsi agar terhindar dr strechmark? Terutama jk qt sdg hamil?

Kl wktu hamil anak prtama, sy disarankan oleh tante sy utk mengoleskan perut dg minyak zaitun utk mencegah strechmark tsb. Hehe betulkah cara itu teh? Tp alhamdulillah sih It’s work

Nuhun teh tami

Jawab :
Teh achie, salam kenal. Alhamdulillah yaa nurut sama tantenya. Hihihi. Iya, betul. Pada saat hamil, kulit perut akan meregang. Oleh karena itu, ini adalah masa emas kita untuk memproteksi kulit agar terhindar dari stretch mark. Minyak zaitun dapat membantu melembabkan sehingga bisa mengurangi resiko timbulnya peregangan kulit yang pada akhirnya akan menyebabkan si stretch mark datang tak diundang pulang tak diantar (jailangkung dooong..hahahha).
Begitu yaa.. Nah, selain zaitun bisa juga shea butter, cocoa butter ataupun VCO.

Untuk vitamin, yang paling nyata khasiatnya adalah wheat plumule oil soft gel yang kaya akan vit E, beta karoten, emollient alami juga vit C ddlmnya

Semoga jawabannya bisa membantu..
Jazaakillah khoiron,
Utami Dewi


Pertanyaan 5 

Nama : ilona
Pertanyaan : 

Assalamualaikum wr wb. Saya kebetulan menjalani pola makan food combining dan olahraga 30 menit sehari,awalnya terlihat masih samar,begitu jalan 9minggu dan turun hampir 10kg stretchmark sepertinya tambah tebal kenapa ya?

Jawab :
Salam kenal ya teh ilona, jadi begini. Stretch Mark tidak hanya timbul pada yang tubuhnya gemuk saja, pada yang memiliki tubuh kuruspun sama. Tetap ada potensi. Apalagi dalam kasus diet, stretch mark makin "terlihat" karena bentuk tubuh mengecil (seiring turunnya kg tubuh). Oleh karena itu penting memperhatikan kulit ketika kita menjalani proses diet. Apabila terlalu drastis, maka hal seperti ini bisa terjadi. Saran saya, konsumsi wheat plumule oil, cukup 1x setiap hari atau sesuai saran konsultan kecantikan saja. Perlu dilihat sudah seperti apa kondisi stretch mark nya.

Semoga bisa membantu yaa
Jazaakillah khoiron,
Utami Dewi


Pertanyaan 6

Nama : Rini Ummu Kafa
Pertanyaan :

Jadi kalo mau pudar menyeluruh harus tindakan dokter ya teh ?

Jawab :
Salam kangen teh rini, baik..untuk tindakan dari dokter estetika itu khusus kondisi yang stretch mark nya sudah timbul lama. Namun memang tidak bisa 100% menjamin betul2 hilang, hanya penampakan nya bisa sangat jauh lebih baik. Hanya.. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan juga dipertimbangkan.
Seperti :
- biaya yang besar
- kontinuitas tindakan
- efek samping yang mungkin ada

Jika tidak disiplin melakukannya, juga tidak akan maksimal. Saran saya, bila stretch mark sudah terlanjur timbul segera diatasi. Jangan malas merawat diri, krn efek nya tidak akan menyenangkan dikemudian hari. Yang belum muncul stretch marknya, segera lakukan maintenance.

Yang terpenting adalah :
- konsisten
- lakukan pola makan sehat
- olah raga
- percaya diri

Semoga bisa membantu yaa teh Rini
Jazaakillah khoiron,
* Utami Dewi*


Pertanyaan 7

Nama : Muly
Pertanyaan : assalamualaikm mba utami salam kenal saya muly,,kbnyakan dari yg saya dengar wanita hamil sblm keluar strech mark keluar,,perutnya atau kulitnya gatel2 terlebih dahulu,,nah org tua dlu bilang jgn digaruk agar tdk timbul strech mark,,benarkh bgtu?lalu klo gadis atau wanita yg tdk suka makan sayur resiko terkena strech marknya lebih tinggi saat hamil,,benarkh bgtu mba?terima kasih atas jwbnnya

Jawab :
Salam kenal ya teh muly. Perkataan orang dulu ada benarnya, begini pernyataan ilmiahnya. Ketika kulit kita mengalami pergangan (misal ketika BB naik atau selama kehamilan) maka pori-pori akan terbuka juga kulit secara perlahan akan melebar. Kondisi ini menyebabkan kulit lebih "rawan" akan bakteri atau gesekan. Apabila saat gatal kita garuk, maka kulit akan "pecah" elastisitasnya, maka timbulah stretch mark atau peregangan. Bahkan, tanpa menggaruk sekalipun stretch mark bisa saja muncul, misalnya apabila selama BB naik atau kehamilan kita terbiasa menggunakan baju yang tidak lembut (denim misalnya) atau underwaer yang terlalu ketat atau berbahan kasar.

Untuk wanita yang tidak suka sayur ataupun buah memang resikonya lebih tinggi untuk terkena stretch mark, tapi tetap kita juga butuh protein untuk pembentukan otot. Jadi upayakan konsumsi yang seimbang saja.

Semoga jawabannya bisa membantu yaaa

Jazaakillah khoiron,
Utami Dewi 



Pertanyaan 8

nama : ummu musa
Pertanyaan :

1.apa masih ada peluang bisa hilang kalo wrna stretch mark nya sudah berwarna kehitaman . dan jumlahnya sangat byk di paha,bawah lipatan kaki dan pantat
2.konsumsi wheat plumule oil nya itu smpe brp lama utk hasil yg sudah bisa terlihat baik ?

Jawab :
Salam kenal ummu musa, tidak perlu khawatir. Saya coba jawab satu per satu ya.
1. Justru pada kondisi stretch mark belum berwarna terang (putih misalnya) maka akan sangat mudah mengatasinya. Artinya, stretch mark baru saja muncul. Dalam kondisi ini, cream/lotion/gel anti stretch mark bisa berfungsi dengan baik. Tapi juga jangan lupakan olah raga dan menjaga asupan gizi.
2. Untuk maksimal penggunaan, setelah saya pelajari itu ada dikisaran 6 bulan keatas. Itupun apabila dikomsumsi secara rutin. Akan lebih cepat apabila dibantu dengan olah raga juga.

Semoga jawabannya biza membantu ya

Jazaakillah khoiron,
Utami Dewi

You May Also Like

0 komentar