DISWHAPP CELEBRITY OF THE DAY NINIS PUSPITA

by - 9:52:00 PM




Senin, 23 Oktober 2017
Narasumber : Ninis Puspita
Moderator :  Gian Rahmi

Selayang Pandang

Assalamualaikum...
Kalau CoD itu biasanya tamunya kan yg bisa menginspirasi ya...
Nah berhubung saya tidak mampu menginspirasi apapun...
Jadi saya cerita ttg diri saya saja ya...
Siapa tahu ada yg bisa dikupas tuntas dengan tajam...
Setajam Silet.
#efekgagaljadiartis
Satu kata tentang diri saya ketika orang yg kenal saya ditanya tentang saya
“Cerewet”

🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸

Saya adl bungsu dari 2 bersaudara,,,kakak saya perempuan juga…Tp klu ketemu kakak saya g akan percaya kalau itu kakak saya,selain beda fisik (kakak saya mungil saya tinggi,wajah kami jg g mirip sama sekali,kakak saya mirip bapak&saya mirip ibu).

Saya lahir di Klaten 32tahun yg lalu,tp muka saya boros jd klu ada yg blg umur saya 35-38tahun di Aminin saja berarti mereka mendoakan saya panjang umur. Umur 1,5th ibu saya dipanggil menghadap Allah SWT,setelah ibu meninggal saya dibawa hijrah ke Semarang oleh nenek saya (saya memanggilnya simbok)
Simbok adalah cerminan wanita perkasa utk saya..simbok membesarkan saya seorang diri menggantikan sosok ibu&bapak utk saya.Krn ada “sesuatu” dlm rumah tangga ortu saya,maka bapak sudah hidup terpisah dgn saya bahkan ketika saya blm lahir.Saya pun bertemu dgn bapak hanya ketika lebaran&waktu2 tertentu ketika bapak ke semarang itupun hanya beberapa jam saja.

Lanjut setelah saya tinggal di Semarang, Di Semarang,saya hidup menumpang dirumah bulek (adek ibu).Kalau kata temen saya zeenak2nya numpang dirumah orang tetap paling enak tinggal dirumah org tua,,meski saya jg g tahu rasanya tinggal dgn org tua itu seperti apa. Hidup prihatin tiap hari bangun jam 4pagi dgn memulai membersihkan rumah,mencuci baju,membantu ini itu membuat saya bukannya rajin tapi malas2an.

Entahlah,keluarga saya lebih senang mendidik saya dgn model tdk menghargai kinerja saya (mungkin maksudnya agar saya jd rajin,tp yg tjs adl kebalikannya). Bangun pagi ini itu tetep dibilang “keset” (malas)..Jd saya memilih merealisasikan apa pemikiran mereka kepada saya, saya jd malas dlm arti yg sebenarnya. Bangun kalau blm diomelin blm bangun,nyuci dll kalau blm diomelin g akan saya kerjakan toh saya sudah dicap malas.Akibatnya saya “dibenci" dan sering dihukum dikurangi jatah makan.

Saya pernah merasakan makan cuma dengan tempe 1biji, makan hanya dgn kuah rendang,ketika yg lain menikmati daging,pulang sekolah disiasain kuah sayur jg pernah. Kadang saya suka mencuri lauk dilemari yg berujung Omelan panjang lebar dari pemilik rumah. Tp Alhamdulillah saya sampai skrg masih bersyukur ada saudara yg mau menampung kami (saya+Simbah&kakak saya).

Noted nya adl,ketika Simbah ngomel beliau tdk pernah berkata buruk ke saya,Tp beliau selalu berkata “anak perempuan kok malasnya g karu2an tak doain semoga kelak jd org sukses,punya pembantu,punya suami kaya,punya uang banyak”. Dan ketika diomelin saya cuma diam sambil bilang “amin” semakin kencang Simbah saya marah semakin lantang saya mengaminkaan. (Semoga anak2 saya tdk mengikuti kelakuan saya) Hebat kan Simbah saya.

Alhamdulillah “doa” Simbah dijawab Allah saat ini. Masa kecil saya tidaklah bahagia,jujur saya mengakui saya adl korban bullying. Sejak kecil saya dipanggil "manyul" krn jidat saya jenong, Lalu masuk SD saya dipanggil pesek/tembong(krn saya pernah dilempar kalpanax oleh org dewasa dirumah &tumpahan kalpanax mengenai muka saya sehingga ada bekas spt tembong dipipi) . membuat saya membentengi diri lebih baik saya ketus duluan drpd saya diketuai. Jadilah saya tipe org yg tdk disukai.

Dari SD saya adl tipikal "pemberontak" tapi juara kelas. Seakan saya ingen menerobos teori bahwa org pandai harus diam&kutu buku. Mungkin ini efek saya yg kurang perhatian dirumah. Kelas 5 SD, Saya pernah menjawab peribahasa yg disampaikan guru saya "tong kosong nyaring bunyinya" dgn mengatakan "tergantung memukul tongnya pakai busa apa pakai besi" Dan berujung saya disuruh membersihkan WC sekolahan tp saya malah main air di kamar mandi yg menyebabkan selokan banjir.

Baru setelah saya melihat Simbah ambil rapor diceramahi guru saya krn saya nakal,saya mulai memperbaiki sikap. Lulus SD Alhamdulillah nilai saya bisa bagus membuat saya masuk SMP favorit di Semarang. masuk sekolah favorit bukanlah hal yg menyenangkan utk saya…(dulu masuk sekolah favorit kebanyakan isinya siswa pintar dan berada). Selain saya berpenampilan alakadarnya &teman2 byk org “berada”, jg diperlukan modal tdk sedikit utk mengikuti pelajaran. Setiap mata pelajaran ada buku diktat&LKSnya yg semuanya harus beli.

Maka saya sering nebeng teman berangkat agar uang saku Dr Simbah bisa utk bayar buku2 yg harganya MashaAllah mahal bgt. Tp tetep aja g cukup uangnya, Hingga akhirnya teman saya yg juga bendahara kelas merasa bosan menagih uang ke saya tp sering NIHIL dan mulai memberikan kabel2 dari toko listrik ayahnya utk dibuat gelang2 agar bs dijual (waktu itu gelang2 Dr kabel warna warni sedang digemari)
Meski akhirnya hal ini membuat saya hrs berhadapan dgn guru BK Krn ada aturan murid dilarang berjualan. Hikmahnya dr saya dipanggil guru,beliau itu tahu kalau Simbah saya jualan jamu. Nah akhirnya selama 2tahun saya memasok jamu beras kencur&kunyit asam utk guru2 disekolah...Dan sbg ganti ongkos kurirnya mereka menggratiskan pembayaran LKS yg setiap caturwulan hrs beli. 

Masa pubertas saya lewati dengan terseok2,kurang perhatian dari orang tua membuat saya sempat membenci bapak. Ketika bapak berkunjung ke Semarang saya tak mau banyak basa-basi,kejadian ini berlangsung hingga kurun waktu lama sekali sampai saya lulus SMA. Hingga kelak ketika saya dewasa,ada sebuah kejadian yg membuat saya ikhlas menerima keadaan saya&bisa berdamai dengan bapak. 

Menjalani masa SMP dgn banyak perjuangan,Alhamdulillah  ktika kelas 2 SMp saya mendapat beasiswa dari BTN& bantuan dana utk murid tdk mampu dari Dinas membuat tabungan saya lumayan  banyak,sehingga saya optimis mampu mengejar cita2 saya mjd dokter. Ketika lulus SMP saya mendapat NEM baik & berkesempatan masuk ke SMA impian saya...Yg merupakan terbaik di Semarang…
Hingga akhirnya di suatu sore setelah mendaftar di SMA favorit Simbah berkata ke saya sambil bercucuran air mata. "Simbah g sanggup klu biayain kuliah,bapak km jg kirim uang pas-pasan,,kalau nanti kuliah dokter tabunganmu g cukup buat bayarnya paling cukup buat biaya masuk dan lain2nya,kalau nanti g bisa kuliah gmn?” Akhirnya dgn frustasi dan kecewa akan kondisi saya berpikir realistis. 

saya memilih utk masuk ke sekolah analis kesehatan,,meski biayanya mahal sekali spt masuk kuliah bidan/perawat gpplah tabungan saya habis disitu, Meski sempat gondok ketika pengumuman penerimaan siswa baru di SMA impian saya td,saya diterima&masuk ke kelas akselerasi. Saya tetap menegakkan kepala bahwa pilihan yg saya pilih adl benar (sampai skrg klu lewat sekolah itu msh kerasa kecewanya...Mimpi yg kandas 1).

Lulus SMK. Saya adl lulusan terbaik dan berkesempatan ikut CPNS undangan penempatan dari Dinkes Jateng (sekolah saya ada dibawah dinas kesehatan). Hanya krn saya tdk mampu membayar uang penempatan saya gagal jd PNS,,,tyt perlu modal byk utk jadi PNS (mimpi kandas 2). Saya hrs berpikir realistis lagi. Menyemangati diri,bahwa rejeki tdk hanya jd PNS.

Kmd saya bekerja di sebuah rumah sakit di  Jepara,sbg analis laboratorium. Saya merasakan tdk enaknya jd kacung dokter (maaf bukan menyinggung yg berprofesi dokter). Krn atasan saya yg dokter Spesialis Patologi Klinik tdk begitu paham ttg penatalaksanaan laboratorium,shg saya hrs belajar tentang administrasi,pengembangan&sistem akreditasi lab (inilah bekal ilmu yg kelak saya manfaatkan ketika saya diberi tanggung jawab menghandle sistem yg mengurusi 1200 orang...Menghandle project,continous improvement,Kaizen,5R, ISO, food safety system certification dan berbagai macam standar&akreditasi)
Meski ujungnya ketika akreditasi lab RS yg dapat nama baik adalah “beliau” pdhal yg mengerjakan setengah mati adalah saya,Krn para senior lebih memilih hanya bekerja diranah pemeriksaan pasien. Saya pun berontak dgn resign dan bekerja di perusahaan air minum. Disinilah saya bergaul dengan seorang teman kos yg bekerja sambil kuliah. Akhirnya mimpi yg sempat hilang yaitu mengenyam bangku perkuliahan  kembali membahana dlm dada. 

Cari2 kuliah weekend stelah ketemu tyt manager saya tdk mengijinkan dgn alasan Sabtu saya hrs kerja. Memang Allah adl sebaik2 ya penolong. Disaat gundah gulana saya kecewa,saya dpt telpon dr tempat sekolah saya dulu utk mengisi posisi pengatur laboratorium. Dgn beberapa persyaratan Bla Bla saya bisa bekerja sambil kuliah.

Alhamdulillah meski mangkrak tanpa baca buku sekolah selama 2tahun,,saya diterima di Teknik Kimia Undip. Jadilah saya bekerja sambil kuliah, Pagi kuliah, siang ngajar, sore-malam ngelesi privat anak org2 kaya bermata sipit (China). Keluar rumah jam 06.00 masuk rumah jam 22.00-23.00.Alhamdulillah Allah menjaga saya dari kejahatan&fitnah.

Oh...Iya ..Pergaulan saya ketika mengajar privat ini membuat saya mengenal yg namanya Agen Asuransi. Berawal dr ortu murid les saya yg agen asuransi sukses,,saya pun tergiur dgn bonus yg dijanjikan. Saya S4 berhenti ngajar les&fokus jd agen,selama beberapa lama..uang byk jd seger,,org2 senang (saya royal dgn keluarga terdekat setiap dpt bonus) hingga saya disadarkan bahwa jalan yg saya tempuh itu tdk benar. Qodarullah saya dirampok dijalan.

Allah mengijinkan perampok itu mengambil motor hasil beli dari bonus asuransi,HP&bahkan uang premi nasabah yg akan saya setorkan ke kantor. Dengan kerugian yg lumayan dan harus mengganti nominal uang yg tdk sedikit, Saya masih bersyukur,mereka tidak memperkosa saya. Harus mengganti kerugian hampir 45jt wkt itu tahun 2007,Tabungan selama jd agen asuransi terkuras habis utk melunasi&msh pinjam sana-sini. Alhamdulillah sudara saya ada yg mau meminjami uang utk menutup tanggung jawab saya kekantor.

Dari situ saya keluar jd agen asuransi dan mulai dari nol lagi mencari tambahan biaya kuliah dgn mengajar privat lagi. Selain cerita sedih diatas, Saya adl org yg suka iseng. Meski tdk menarik scr fisik,,saya org yg supel dan mudah bergaul terutama dgn lawan jenis (ini sedikit cerita masa jahiliah saya). Meski blm berjilbab dan minim ilmu agama (sependek pikiran saya waktu itu menurut saya ketika sudah sholat&membaca Al-Qur’an sedikit itu sudah cukup) saya tidak menganut pacaran Krn alasan takut zina. Padahal saya trauma yg namanya pacaran,selain latarbelakang keluarga,alasan lain adalah saya takut dicium lelaki,takut diapa2in,takut dipegang tangannya&takut hamil.

Tp saya byk bergaul dgn lawan jenis (maklum saya orgnya kasar&ceplas ceplos shg takut jika bergaul dgn wanita menyakiti hati mereka). Nah saya sering berkata “siapa yg mau serius ayo datang kerumah”Dimasa2 akhir kuliah saya,ada seorang mahasiswa S2 lumayan gencar mendekati saya tp sering saya manfaatkan utk nonton rame2 sama teman2 beliau yg bayarin,ngajakin makan saya ajak teman2 jg.Ketika diajak pergi berdua saya selalu mengelak apa aja.

entah darimana beliau ini mendengar celotehan saya ttg “kalau serius ayo datang kerumah” &SMS saya ingin melamar. Haddeeuuhhh…Saya 24tahun masih takut menikah Krn trauma kehidupan rumah tangga org tua saya tdk baik2 saja. Memilih kabur,berganti nomer HP. Akhirnya terdamparlah saya dikarawang&saya bekerja di Plasindo Lestari. Disinilah saya ketemu dengan banteng kekar saya.

Banteng Kekar adlah kepala produksi patner kerja saya (wkt itu saya SPV QC). Bermula dari beliau yg seakan memperhatikan saya jarang makan siang&mukai kepo knp saya tdk makan siang. Ketika dijawab “gpp” bsoknya “ga lapar" lalu “puasa” dan alasan2 lainnya. Hingga akhirnya saya jujur menjawab ¾ gaji saya,saya gunakan utk membalas jasa org2 dimasa lalu. Akhirnya banteng kekar ini sering memberi saya uang,meminjami uang yg terserah mau dibayar kapan,,bahkan smpe skrg jg g dibayar,dan beliau ikhlas.

Dari situ saya mulai merasa,bahwa saya menyukai banteng kekar. Tp apalah saya ini,Krn banteng kekar sudah punya calon yg cantik. Dengan keping2 hati yg terluka. saya sedikit menjauh dari banteng kekar,Krn saya tdk ingin lebih kecewa. Dimasa tenggang melupakan rasa suka terhadap banteng kekar,,saya dikenalkan dengan seseorang yg sedang berproses mencari istri. Saya menerima seseorang itu,dgn berusaha ikhlas membuka hati&lapang dada (Alhamdulillah ada yg “mau” dgn saya).

Tp setelah proses yg hampir pasti,setelah penerimaan kedua keluarga. Tiba2 saya ditinggalkan hanya dengan pesan “jangan berharap dari seseorang Krn mungkin orang itu akan membuatmu kecewa”. Jadi terbalaskan sudah kekacauan yg pernah saya buat dimasa lalu. Saya yg dulu pernah meninggalkan seseorang tanpa kabar berita..dibalas tuntas oleh Allah. Akhirnya saya gagal menikah…
Tetapi saya petik hikmah dari kegagalan ini, Mengulang dari awal lagi sambil mulai memperbaiki diri. Dan inilah muara dari semua arus yg pernah terjadi. Tiba2 wkt itu banteng kekar mendatangi saya dan bercerita panjang lebar yg intinya beliau juga gagal berproses dgn calonnya yg kmrn.Wkwkwkwk….

Jadilah akhirnya saya menikah dgn banteng kekar. Kalau org lain dilamar dgn kata2nya manis. Saya diajak menikah dengan kalimat
“hutang kamu kesaya brp banyak?”
“Masih sekitar segini,bulan depan saya bayar ya?”
“Umur kamu brp?”
“25 mau 26”
“Ydh utangnya g usah dibayar,tp km nikah sama saya ya?”
Dan langsung saya lempar buku “Laskar Pelangi” lalu saya jawab “iya” sambil senyum malu2
Banteng kekar pun tertawa ngakak2 setelah bilang begitu.

Maka jadilah hubungan saya dan banteng kekar berawal dari hutang&sedekah. Saya memiliki 3orang anak Hanis Najma Hafiza (5th), Hanis Najya Hanifa (2th), Haris Najwan Fachrezi (almarhum). Menganut hidup tanpa TV dirumah,selalu berusaha mengapresiasi segala keberhasilan yg telah dicapai anak2,mengajarkan hidup sederhana (jangan tanya Timezone pada anak saya,Krn mereka g akan mengerti).

Memilih tinggal di perumahan yg jauh dari elit,Krn ingin mengajarkan anak2 bersyukur&bersyukur. Saat ini kegiatan saya msh bekerja. Dan saya mulai menyalurkan hobi memasak saya dgn menerima orderan setiap weekend. jika teman2 pengen makan: Ayam bakar, Nasi bakar, Garang asem, Tongseng, Gulai tanpa santan, Tengkleng, Sambal goreng ati/krecek/kentang, Bisakah sekali2 WA saya. 

Nah…Mungkin itu dulu kali ya…Kalau dilanjutkan bisa jadi novel soalnya…G selesai dlm waktu 3hari-3malam…Kalau pengen tahu tentang saya…Tinggal hubungi saya dihari Sabtu dengan format
Nama :
Pesanan :
Alamat :
Dan hari Minggu saya siap menghampiri.

Mimpilah setinggi mungkin semampu anganmu berkelana
Dan berusahalah sekuat mungkin mencapai mimpimu itu
Karena tidak ada hasil yang mengkhianati usaha
Krn qta hanya mampu bermimpi&berusaha
Biarkan Allah yg menilai apakah qta pantas meraih mimpi itu
Semua itu indah karena memiliki kisah...
Wassalamu'alaikum…

DISKUSI

Pertanyaan 1 

Tanya :
 Setelah melewati episode kehidupan yang luar biasa.masa kecil yg pedih (menurut saya krn hidup tanpa ortu) tapi kemudian bisa tangguh dan survive, nah.. sekarang apa harapan mbak Ninis kepada anak-anak ketika mereka dewasa?
*Biasanya ortu kan punya tekad "anak saya harus lebih baik dari ortunya"

Jawab :
Nah...Saya mendidik anak dengan apa adanya mbak. Saya ceritakan kehidupan masa kecil saya. Saya lebih ingin mereka bersyukur ttg apa yg dimiliki saat ini. Contoh kecil ketika mereka makan ayam goreng,saya akan berkata "dulu ibu harus nunggu lebaran baru bisa makan ayam". Saya jg mengajar mereka utk lebih "cewek" dari saya. Saya ingin anak2 lebih pintar ilmu agamanya. Dan mereka mjd pribadi tangguh

Pertanyaan 2

Tanya :
Saya tanya boleh ya...Mbak ninis dengan pencapaian mbak ninis skrg setelah melewati pengalaman hidup yg luar biasa, apa yang mbak ninis cari dan harapkan skrg?

Jawab : 
Harapan saya...
Sbg individu, Saya ingin jd lebih wanita mbak. Sebagai anak, Saya ingin membahagiakan Simbah saya. Pengen umrohin Simbah,tp pas udah siap persyaratannya Simbah g mw berangkat Krn takut naik pesawat.
Sbg ibu, Saya ingin anak saya bahagia. Saya sering bertanya, "Seneng g jadi anak ibu?". Alhamdulillah jawabannya senang. Pas ditanya ibu galak ya? Alhamdulillah jawabannya
"Ibu galak kalau kakak Maman g mau makan,tp ibu baik banget kok"
Sbg pekerja, Saya pengen cepat "LULUS" sudah 2kali saya menolak naik jawabatan jd wakil divisi Krn saya memikirkan anak2.

Pertanyaan 3

Tanya :
 mbak ninis ikut tanya ya? pernah ga kepikiran buat berubah cara bicara mbak nis yg kadang suka terlalu 'blak blak an' atau pernah gak ngerasain baper karna ada lawan bicara mbak ninis yg 'feminim' bgt yg sedikit tersinggung dgn gaya blak2n mbak nis

Jawab :
Nah ini...Lagi berproses mbak. Hehehehe...Mungkin Krn kebiasaan bergaul dgn pria. Doakan saya ya mbak. 

Pertanyaan 4

Tanya :
Jadi pengen ikutan bertanya. Setelah apa yg sudah terlewati dan segala sesuatu sdh diraih,Kemapanan hidup, karir yg bagus suami yg sholeh anak2 yg pintar, bahkan secara finansial menurut Sy lebih dari cukup, apa yg membuat Mb Ninis terdorong untuk membuka usaha Rumah Kreasi Hanis, apakah itu salah satu cita2 mempunyai usaha kuliner atau hobby yg membawa penambahan pemasukan?

Jawab :
Ini pengalihan stress bekerja mbak. Semoga saya bisa eksis dengan usaha ini. Amin....

Pertanyaan 5

Tanya :
bagaimana cara mengajarkan hidup sederhana versi mba ninis kepada anak mb ninis?

Jawab :
1. Beli baju...Saya gambar akan sungkan ajak anak beli kaos dipasar pagi
2. Bekal uang saku,,Najma cuma dapat uang saku sebanyak 4000rupiah setiap hari Sabtu..Dan itu wajib beli mainan sebanyak 2buah utk Najma&Najya
3. Hidup tanpa TV dirumah
4. Mengajarkan menabung,,,stiap Najma pengen sesuatu Najma hrs menabung dulu
5. Makan dgn lauk seadanya...
Kadang makan ayam goreng,kadang dengan tahu bacem...
Makan diluar ketika ada rejeki(tdk selalu setiap gajian makan diluar,,,)
6. Sering bercerita masa2 kecil saya agar mereka bersyukur
7. Tidak membangun rumah sebaik org lain...Selain uangnya blm cukup utk renovasi,,membuat Najma tdk merasa org tuanya "cukup" punya uang
8. Sering mengajak jalan pagi…
9. Tambahan...Meski dirumah ada ART tidak selalu semua kebutuhan Najma di support oleh ART
Najma saya ajarkan menghargai si bibi

Pertanyaan 6

Tanya :
Skrng masih 1tmpat Kerja sama Misua juga mba

Jawab:
 Nggak mbak...Setelah kami nikah suami saya resign. Krn dpt kerjaan yg lebih bagus…

Pertanyaan 7

Tanya :
 Bagaimana proses adaptasi dgn banteng kekarnya sebelum menikah dan sesudah menikah, penisirin sy, wkwkwkw😜😜😜

Jawab  :
 Awalnya sama2 canggung,Krn hrs merubah panggilan dari bapak perut gendut mjd "mas". Bahkan,perlu waktu beberapa hari hingga saya mau tidur sekamar dgn banteng kekar. Adaptasi terberat adl dgn ibu mertua. Biar bgmnapun saya paham kekecewaan ibu mertua thd saya, Krn calon menantu sebelumnya yg jauh dari saya,baik fisik&silsilah keluarga...Mungkin ekspektasi ibu mertua thd menantu terlalu tinggi.

Penutup : 

Terimakasih mbak Gian & teman2. Maaf ya jika selama qta ngegrup byk salah2 kata yg saya ucapkan..
Banyak kata dari saya. Jika merasa hidupmu pahit maka yakinlah bahwa banyak orang yg hidupnya lebih pahit
Jika dijalan km kesal Krn diserobot jalan oleh org lain,maka pikirkanlah mkin org itu sedang dlm masalah genting,,semakin qta bayangkan besarnya masalah yg Dy hadapi semakin lega hati qta&pst qta tdk akan mengeluh Krn diserobot jalannya
Jika kamu sedih tapi malu utk menangis,Makanlah mie ayam sepedas yg kamu mampu...Maka org tidak akan melihat air mata yg keluar Krn km menangis...Tp Krn km kepedasan...
Jika kamu bermasalah dgn ibu mertuamu,maka tengoklah suamimu...Berkat doa ibu mertua km dpt tidur nyaman dipelukan lelaki bertanggung jawab saat ini...Maka km akan mentolerir segala keanehan yg mungkin muncul dari ibu mertua
Jika ingin memiliki ART yg awet...Luaskan toleransimu asal tdk mencuri dan Dy menyayangi anakmu eliminir segala hal yg tdk perlu. Namanya jg pembantu,kerjaannya adl membantumu bukan menggantikan tugasmu sbg Ibu Rumah Tangga.
Wassalamu'alaikum
Terimakasih mbak ninis untuk waktunya dan diskusinya. Jd ngefans ni sama mbak ninis. 😁 Terimakasih juga teman-teman member atas partisiipasinya. Saya undur diri yaaa...assalamualaikum.

You May Also Like

0 komentar